PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI KETUK KUNCI PADA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN BAGI PASANGAN CALON PENGANTIN (Studi di Kelurahan Kotabumi Udik Kabupaten Lampung Utara)

SUKHAM, DANIL (2022) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI KETUK KUNCI PADA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN BAGI PASANGAN CALON PENGANTIN (Studi di Kelurahan Kotabumi Udik Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan merupakan salah satu sunnatullah yang berlaku untuk semua makhluk Allah SWT yang bernyawa. Adanya perkawinan bertujuan untuk memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan lahir batin menuju kebahagiaan dan kesejahteraan dunia dan akhirat. Islam telah menetapkan tata cara dan aturan pernikahan beserta hal-hal yang terkait di dalamnya, bukan hanya itu agama Islam juga telah meletakkan dasar-dasar pergaulan hidup dan hubungan suatu keluarga yang terbentuk akibat dari perkawinan itu sendiri. Terkait dengan masalah perkawinan, maka budaya dan aturan yang berlaku pada suatu masyarakat tidak terlepas dari pengaruh budaya dan lingkungan masyarakat itu berada. Rumusan masalah dari judul skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan tradisi ketuk kunci Pada masyarakat Lampung pepadun di kelurahan Kotabumi Udik Kabupaten Lampung Utara? bagaimana pandangan hukum Islam terhadap tradisi ketuk kunci pada masyarakat Lampung Pepadun di Kelurahan Kotabumi Udik Kabupaten Lampung Utara? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan di lingkungan masyarakat tertentu,Kemudian akan didapatkan data yang jelas teknik pengumpulan data yang bersifat wawancara bebas terpimpin, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan normatif, yakni dengan realita yang terjadi dalam masyarakat, apakah ketentuan masyarakat tersebut sesuai atau tidak dalam pandangan hukum Islam. Berdasarkan hasil analisis hukum Islam terhadap data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa tradisi ketuk kunci sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi ketuk kunci merupakan tradisi yang dilakukan sebelum prosesi akad nikah dengan cara calon mempelai pria datang ke rumah calon wanita untuk melaksanakan tradisi tersebut. Uniknya prosesi ketuk kunci dilakukan di atas kasur dimana kasur ini telah disiapkan oleh calon pengantin wanita. Menurut hukum Islam bahwa tradisi ketuk kunci adalah sebuah Tradisi yang terklasifikasi ‘urf sahih karena tradisi ini berlaku terus-menerus atau kebanyakan diberlakukan, dan tradisi ini tidak bertentangan dengan nash Dengan kata lain tradisi ketuk kunci boleh dilaksanakan secara terus menerus. Kata kunci : Ketuk Kunci, Lampung Pepadun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:10
Last Modified: 23 Jun 2022 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19560

Actions (login required)

View Item View Item