UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMA N 1 SIDOMULYO

Muhammad, Aqil Fajri Warid (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMA N 1 SIDOMULYO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL AQIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya percaya diri merupakan kunci dasar dan paling utama dalam membentuk individu yang memiliki potensi diri yang optimal, karena dengan percaya diri yang positif mampu menjadikan individu memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya tanpa merasa takut atas kekurangannya. Salah satu upaya dalam membangun kepercayaan diri pada peserta didik yaitu melalui kegiatan bimbingan dan konseling. Dimana keberadaan layanan Bimbingan Konseling di sekolah berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi, mengajak peserta didik untuk tidak ragu-ragu dalam mencapai aktualisasi diri yang positif. Salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling adalah layanan bimbingan kelompok, dimana dalam bimbingan kelompok dipercaya dapat membawa pengaruh positif terhadap peserta didik yang memiliki rasa kurang percaya diri. Dengan mengikuti layanan bimbingan kelompok peserta didik yang awalnya cenderung pasif dan pendiam diajarkan untuk berani mengungkapkan pendapat di depan anggota kelompoknya. Sehingga mampu merubah pola pikir, kebiasaan dan tingkah laku dalam sehari-hari menjadi lebih positif dalam melakukan segala hal yang berhubungan dengan rasa percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang diberikan guru bimbingan dan konseling untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Sidomulyo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan layanan konseling kelompok yang dilakukan guru BK berjalan dengan baik. Dapat terlihat dari perubahan tingkah laku terkait rasa percaya diri peserta didik yang awalnya kurang berani saat diminta tampil di depan kelas, cnderung pendiam, tidak berani mengemukakan pendapat saat mengikuti forum diskusi, dan selalu berfikir pesimis, namun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok peserta didik mengalami peningkatan rasa percaya dirinya. Maka dapat disimpulkan bahwa upaya yang diberikan guru bimbingan konseling melalui pelaksanaan kegiatan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan percaya diri peserta didik. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Layanan Konseling Kelompok, Rasa Percaya Diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:26
Last Modified: 22 Jun 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19550

Actions (login required)

View Item View Item