PEMANFAAT LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Dellafida, Rosyada (2022) PEMANFAAT LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PEMANFAAT LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG Oleh: Delafida Rosyada Skripsi ini mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran IPS pada MIN 10 Kedamaian kota Bandar Lampung. Melalui lingkungan sekitar, peserta didik diajak untuk memetik berbagai pengalaman dan pengetahuan di luar kelas dalam suasana yang rilek dan santai, tidak sebagaimana di ruang kelas. Ketika peserta didik dikenalkan dengan materi tentang keanekaragaman hayati, maka media lingkungan sekitar dapat dimanfaatkan sebagai media belajar. Masalah penelitian ini ada dua, yakni bagaimana pemanfaatan media lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran IPS di MIN 10 dan apakah pemanfaatan media lingkungan sekitar terhadap pembelajaran IPS di MIN 10 Kedamaian Bandar Lampung cukup efek. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran IPS dan efektivitasnya bagi pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan alat pengumpul data utama yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai media pembelajaran IPS di Kelas V MIN 10 Kedamaian kota Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik, dari kegiatan persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Lingkungan yang digunakan sebagai media pembelajaran yakni di halaman dalam sekolah, di halaman luar gedung sekolah, di Taman Makam Pahlawan dan Museum Lampung. Inilah tempat-tempat belajar di luar kelas yang dirancang untuk pembelajaran IPS kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran cukup efektif untuk memacu peserta didik aktif mengamati, berdiskusi kelompok dan bertanya-jawab. Belajar di lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan ini dianggap mengasyikkan bagi peserta didik, di mana guru (fasilitator) memberitahu kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada hari itu dan kegiatan yang akan dilaksanakan cukup efektif. Kata kunci: Lingkungan sekitar, media pembelajaran, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:22
Last Modified: 21 Jun 2022 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19546

Actions (login required)

View Item View Item