PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIS DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

SINTA, AMELLIA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIS DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar perlu ditingkatkan oleh setiap peserta didik, hal tersebut dapat mempengaruhi tercapai atau tidaknya proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MIS Darul Huda Bandar Lampung menunjukkan bahwa hasil belajar Tematik peserta didik kelas IV masih cukup rendah terlihat dari data pada pembelajaran tematik kelas IV di MIS Darul Huda Bandar Lampung terlihat bahwa siswa yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) hanya berjumlah 21 siswa sebesar 48,83% dan sebagian besar siswa belum memenuhi KKM yaitu dengan jumlah 22 siswa sebesar 51,17%. Dengan ini masih banyak siswa yang belum mencapai hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MIS Darul Huda Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitiatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Design yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Discussion. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIS Darul Huda Bandar Lampung dengan jumlah populasi 43 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas A sebagai kelas Kontrol dan kelas B sebagai kelas Eksperimen. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes berupa soal Multiple Choice untuk mengukur hasil belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Darul Huda Bandar Lampung. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan program SPSS v.20 For Windows nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model Small Group Discussion (SGD) hal ini terlihat pada hasil nilai rata-rata kelas ekperimen 83,63 dan kelas kontrol 76,78. Hasil menggunakan uji t independent dengan taraf sinifikan α : 0,05 (5%) diperoleh hasil Sig.2 tailed sebesar 0.047. Dengan demikian apabila nilai Sig ˂ α maka H₁ diterima dan H₀ ditolak). Kata Kunci : Model pembelajaran, kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:11
Last Modified: 21 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item