PEMANFAATAN PERMAINAN BOWLING DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

DINI, AYU PUSPITA (2022) PEMANFAATAN PERMAINAN BOWLING DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kognitif adalah salah satu proses berfikir anak dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berhubungan dengan tingkat kecerdasan yang ditentukan. perkembangan pemikiran anak pada dasarnya akan berkembang pada setiap harinya ketika mereka belajar dengan orang-orang yang berada pada sekitarnya. Pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak salah satunya adalah pemanfaat permainan bowling. Dalam pemanfaatan permainan bowling anak-anak dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, menyebutkan lambang bilangan pada pin dan anak dapat mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, serta anak juga dapat menjumlahkan pin yang terjatuh. Oleh karena itu perlu adanya sebuah peranan dari seorang guru dalam membimbing peserta didiknya agar bermain dengan permainan bowling yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi perkembangan anak. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui pemanfaatan permainan bowling dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung.” Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 1 guru dan 17 peserta didik dikelas B1 sedangkan objek penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu mengembangkan kognitif anak melalui permainan bowling. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan tekhink analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat peneliti simpulkan bahwa pemanfaatan permainan bowling dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 telah dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan langkah-langkah, diantaranya ialah: persiapan, pelaksanaan dan penutup. Pada pengamatan ini menghasilkan beberapa objek diantaranya: a) permainan yang bersifat sederhana untuk dimainkan anak-anak, b) permainan yang dapat mengembangkan daya ingat dan konsentrasi, c) permainan bowling yang dilakukan secara berdiri dan melibatkan banyak gerak tangan, kaki dan daya fikir, d) permainan yang dimainkan dengan cara menggelindingkan bola dengan menggunakan tangan kearah pin yang berjumlah 10 buah. Oleh karena itu, sebaiknya guru dapat lebih kreatif dalam mempersiapkan alat/media agar anak tidak merasa bosan saat bermain iii dan anak dapat merasakan langsung kegiatan bealajar yang dilaksanakan. Kunci: permainan bowling dan perkembangan kognitif. iv ABSTRACT Cognitive development is one of the child's thinking processes in solving various problems related to the specified level of intelligence. The development of children's thinking will basically develop every day when they learn with the people around them. One of the lessons that can be used to develop children's cognitive abilities is the use of bowling games. In the use of bowling , children can solve problems in everyday life, mention number symbols on pins and children can classify objects based on color, and children can also add up fallen pins. Therefore, it is necessary for a teacher to play a role in guiding his students to play with bowling that can be beneficial for children's development. The research objective in this study was "to determine the use of bowling in developing the cognitive development of children aged 5-6 years in Aisyiyah 1 Kindergarten Labuhan Ratu Bandar Lampung." This research is descriptive qualitative with research subjects, namely 1 teacher and 17 students in class B1 while the object of this research consists of the problems studied, namely developing children's cognitive through bowling games. The data collection tools used are: observation, interview, and documentation methods with data reduction analysis techniques, data presentation and draw conclusions. Based on the results of this study, researchers can conclude that the use of bowling in developing the cognitive of children aged 5- 6 has been carried out optimally in accordance with the steps, including: preparation, implementation and closing. This observation resulted in several objects including: a) a simple game for children to play, b) a game that can develop memory and concentration, c) a bowling game which is done standing up and involves a lot of hand, foot and thinking movements, d) a game played by rolling the ball by hand towards the 10 pins. Therefore, teachers should be more creative in preparing tools/media so that children do not feel bored while playing and children can feel directly the learning activities carried out. Key: bowling game and cognitive development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:19
Last Modified: 20 Jun 2022 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19533

Actions (login required)

View Item View Item