PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMA

Shihab, Amien Zahro (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of skripsi shihab amien zahro.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan numerik dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh setiap siswa untuk mempermudah proses pembelajaran. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan numerik siswa MA Ma’arif 14 Bumi Nabung masih kurang, hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pretest kemampuan numerik kelas XI MIA. Siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM dengan nilai 70 sebanyak 61 dari 90 siswa. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan numerik dan dengan mengontrol kreativitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning dan kreativitas belajar terhadap kemampuan numerik siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian faktorial 1 2. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Ma’arif 14 Bumi Nabung. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah cluster random sampling dengan materi baris dan deret. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket kreativitas belajar dan tes kemampuan numerik. Pengujian hipotesis menggunakan analysis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan numerik siswa SMA dengan mengontrol kreativitas belajar. (2) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat kreativitas belajar terhadap kemampuan numerik siswa SMA. (3) , sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran blended learning dan kreativitas belajar terhadap kemampuan numerik siswa SMA. Kata Kunci : Model Blended Learning, Kreativitas Belajar Dan Kemampuan Numerik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:16
Last Modified: 20 Jun 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19526

Actions (login required)

View Item View Item