ANALISIS PROKSIMAT DAN UJI ORGANOLEPTIK BOLU KUKUS DENGAN TEPUNG KECAMBAH KACANG HIJAU (Vigna radiata) DAN TEPUNG KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum(L.) Kunt.)ANALISIS PROKSIMAT DAN UJI ORGANOLEPTIK BOLU KUKUS DENGAN TEPUNG KECAMBAH KACANG HIJAU (Vigna radiata) DAN TEPUNG KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum(L.) Kunt.)

NINDA, HARDIYANTI (2022) ANALISIS PROKSIMAT DAN UJI ORGANOLEPTIK BOLU KUKUS DENGAN TEPUNG KECAMBAH KACANG HIJAU (Vigna radiata) DAN TEPUNG KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum(L.) Kunt.)ANALISIS PROKSIMAT DAN UJI ORGANOLEPTIK BOLU KUKUS DENGAN TEPUNG KECAMBAH KACANG HIJAU (Vigna radiata) DAN TEPUNG KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum(L.) Kunt.). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bolu kukus merupakan camilan yang digemari oleh semua kalangan masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Bolu kukus berbahan dasar dari tepung terigu. Tepung terigu dapat membuat adonan mengembang, karena memiliki kandungan gluten. Penggunaan tepung terigu yang melampaui batas dapat mengganggu kesehatan. Salah satu upaya diversifikasi pangan yaitu menggabungkan tepung kecambah kacang hijau dan tepung kulit pisang ambon sebagai bahan pembuatan bolu kukus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui uji kadar antioksidan pada tepung kecambah kacang hijau dan tepung kulit pisang, mengetahui kadar protein, kadar lemak, kadar air, kadar abu, dan karbohidrat pada bolu kukus dari tepung kecambah kacang hijau dan tepung kulit pisang ambon, dan mengetahui kualitas bolu kukus dari tepung kecambah kacang hijau dan tepung kulit pisang yang ditinjau dari segi warna, aroma, bentuk, tekstur, dan rasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Analisis kadar antioksidan dengan metode DPPH, analisis protein dengan metode kjeldhal, analisis lemak dengan metode soxhlet, dan organoleptik dengan metode hedoonik. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas antioksidan pada tepung kecambah kacang hijau sebesar 360,30 ppm dikategorikan sangat lemah dan pada tepung kulit pisang ambon sebesar 165,58 ppm dikategorikan lemah. Analisis protein tertinggi terdapat pada sampel T0 sebanyak 7,01%, kadar lemak tertinggi terdapat pada sampel T0 sebanyak 0,77%, kadar air tertinggi terdapat pada sampel T2 sebanyak 43,95%, kadar abu tertinggi terdapat pada sampel T3 1,15%, dan karbohidrat tertinggi terdapat pada sampel T0 sebanyak 53,44%. Hasil uji organoleptik meliputi warna, rasa, aroma, dan tekstur bolu kukus yang paling diminati adalah bolu kukus dengan formula T0 sebagai kontrol, bolu kukus dengan tepung kulit pisang ambon dan kecambah kacang hijau kurang diminati. Kata Kunci : Bolu Kukus, Tepung Kulit Pisang Ambon, Tepung Kecambah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:27
Last Modified: 17 Jun 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item