PEMIKIRAN IBNU TAIMIYAH TENTANG PENETAPAN HARGA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PRAKTIK JUAL BELI HASIL PERTANIAN PADI (Studi Pada Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji)

REJEKI, ANISATUR ROFIAH (2022) PEMIKIRAN IBNU TAIMIYAH TENTANG PENETAPAN HARGA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PRAKTIK JUAL BELI HASIL PERTANIAN PADI (Studi Pada Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI REJEKI ANISATUR ROFIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan satu bentuk muamalah antara manusia dalam bidang ekonomi yang disyari’atkan oleh Islam. Melalui kegiatan jual beli, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, karena manusia tidak hidup sendiri. Salah satu praktik jual beli yang saat ini diteliti oleh penulis adalah jual beli hasil pertanian padi di Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli hasil pertanian padi di Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji, dan bagaimana Implementasi Pemikiran Ibnu Taimiyah tentang penetapan harga terhadap jual beli hasil pertanian padi di Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis praktik jual beli hasil pertanian padi di Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji, serta untuk memahami dan menganalisis implementasi pemikiran Ibnu Taimiyah tentang penetapan harga terhadap jual beli hasil pertanian padi di Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif adalah sebuah prosedur pemecahan masalah yang sedang diselidiki dengan menggambarkan keadaan suatu subjek atau objek berdasarkan fakta�fakta yang terjadi. Sedangkan dalam pengumpulan data skripsi ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan 22 petani dan 2 orang pengepul, sedangkan data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada seperti dari perpustakaan, dan penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penentuan harga hasil pertanian padi/gabah yang dilakukan oleh pengepul merupakan penentuan harga yang adil. Menurut Ibnu Taimiyah harga yang adil adalah apabila penentuan harga itu menimbulkan suatu keadilan bagi seluruh masyarakat, dan tidak merugikan salah satu pihak. Adil berarti barang-barang dagangan mereka tidak dipaksa untuk dijual pada tingkat harga yang dapat menghilangkan keuntungan normal mereka. Penetapan harga dilakukan oleh pengepul dengan melakukan tawar menawar harga dengan pihak petani hingga mencapai kesepakatan harga. Pengepul dalam menetapkan harga dengan memperhatikan baik biaya produksi maupun kebutuhan masyarakat. Hal tersebut terlihat dari perhitungan laba ekonomi, ternyata harga yang ditentukan oleh pengepul seharusnya sudah mampu memenuhi biaya-biaya modal tanam dan kebutuhan petani sehari-hari. Kata Kunci: Jual Beli, Penetapan Harga, Hasil Pertanian Padi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:47
Last Modified: 16 Jun 2022 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19507

Actions (login required)

View Item View Item