STRATEGI BERSAING PETANI KOPI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Air Naningan Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus)

EPI, APRIYANI (2022) STRATEGI BERSAING PETANI KOPI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Air Naningan Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EPI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sektor pertanian merupakan sektor yang diunggulkan karena mata pencaharian penduduk Indonesia sebagian besaradalah petani.Kabupaten Tanggamus merupakan sentra produksi di Propinsi Lampung. Kebun kopi di Kabupaten Tanggamus umumnya di dominasi oleh rumah tangga petani yang kurang di kelola dengan baik. Desa Air Naningan merupakan salah satu bagian dari kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus. Yang dimana sebagian besar mata pencarian masyarakatnya adalah sebagai petani, salah satunya adalah petani kopi. Rumusan dalam masalah ini adalah Bagaimana strategi bersaing petani kopi dalam meningkatkan pendapatan di Desa Air Naningan? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui Strategi bersaing petani kopi dalam meningkatkan pendapatan di Desa Air Naningan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan dengan bertemu salah seorang petani yang dimana biji kopinya diolah terlebih dahulu menjadi bubuk kopi sebelum dijual. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis bahwa dengan menggunakan matrik IFAS EFAS dan diagram cartesius dapat diketahui nilai dari IFAS EFAS, kemudian hasil dari diagram cartesius, sangat jelas menunjukkan bahwa Petani Kopi Desa Air Naningan berada pada kuadran I (satu) yaitu strategi agresif, dimana kuadran tesebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Petani tersebut dapat memiliki peluang dan juga kekuatan sehingga mampu memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung suatu kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi ini menandakan keadaan petani yang kuat dan mampu untuk dapat terus berkembang dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk bisa meraih omzet yang cukup maksimal. Dalam strategi ini dapat meningkatkan daya saing dan pendapatan dari Petani Kopi Desa Air Naningan Kecamatan Air Naningam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:15
Last Modified: 16 Jun 2022 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item View Item