PENGEMBANGAN E-MODUL SENI BUDAYA DAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SD/MI

RIZKY, GUSFANANDA GESA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL SENI BUDAYA DAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIZKY GUSFANANDA GESA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana proses pengembangan E-modul Seni Budaya dan Prakarya serta bertujuan untuk menghasilkan produk E-modul Seni Budaya dan Prakarya dan mengetahui tingkat kreativitas siswa. Bahan ajar ini dibuat untuk memudahkan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik dan pendidik. Dengan adanya E-modul Seni Budaya dan Prakarya ini peserta didik lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu penggunaan e-modul dapat memudahkan peserta didik untuk memperoleh informasi tanpa waktu yang lama dan dapat dibawa kemana saja agar tercapainya sebuah pembelajaran yang efektif, efisien berdaya guna, dan menarik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (RnD) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation , penelitian ditunjukan kepada peserta didik kelas V MIN 3 Bandar Lampung dan peserta didik MIN 2 Bandar Lampung serta kedua walikelas dari sekolah tersebut. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada validator untuk mengetahui kelayakan dan angket peserta didik dan pendidik untuk mengetahui respon serta tes untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya. Berdasarkan hasil penelitian dari validator ahli materi mendapatkan presentase 86% dengan kriteria “sangat layak” dan dari validator ahli media mendapatkan presentase 91,6% dengan kriteria “ sangat layak”, validator ahli bahasa mendapatkan presentase 95% dengan kriteria “sangat layak” , kemudian dari respon peserta didik skala kecil mendapatkan 94% dengan kriteria “sangat menarik” pada skala besar mendapatkan 95% dengan ktiteria “sangat menarik” dan respon pendidik mendapatkan 96,4% dengan kriteria “sangat menarik”. Hasil tes belajar dioleh dengan Uji N Gain yang termasuk dalam kategori dengan hasil di skala besar 0,83 dengan katergori “tinggi”, sedangkan pada skala kecil di peroleh nilai 0,85 dengan kategori “tinggi”. Selanjutnya untuk melihat keberhasilan dan keefektifan produk peneliti menghitung nilai posstest peserta didik dengan hasil 95,3 pada skala kecil dan 91,6 pada skala besar. Angka tersebut dalam kategori efektif dan layak digunakan karena sudah melebihi nilai KKM. Dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: ADDIE, E-Modul, Seni Budaya dan Prakarya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:55
Last Modified: 16 Jun 2022 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19503

Actions (login required)

View Item View Item