PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN TEMA DAN SUBTEMA KEARIFAN LOKAL LAMPUNG UNTUK PENIDIDIKAN ANAK USIA DINI

SHINTA, NUR FITRIYANA (2022) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN TEMA DAN SUBTEMA KEARIFAN LOKAL LAMPUNG UNTUK PENIDIDIKAN ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL SHINTA NUR FITRIYANA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu kunci penentu masa depan bangsa memegang peranan penting dalam menguatkan nilai-nilai budaya lokal. Oleh sebab itu dirasa penting untuk menerapkan pembelajaran tentang kearifan lokal sebagai salah satu upaya menjaga budaya dan menanamkan jiwa nasionalisme sedari usia dini. Kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat di antaranya untuk melindungi dan mengolah lingkungan hidup secara lestari. Dalam hal ini, rencana pelaksanaan pembelajaran dengan tema kearifan lokal sangat berperan penting untuk pembelajaran dan pengenalan kearifan lokal untuk anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan RPPM dan RPPH dalam tema kearifan lokal pada daerah Lampung guna untuk menerapkan pembelajaran berbasis kearifan lokal yang layak untuk digunakan sebagai acuan pembelajaran pendidik di TK ABA Jepara, RA Avicena dan TK Pertiwi yang masing-masing berada di daerah Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development menggunakan prosedur penelitian dan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah yang di tempuh dalam penelitian ini meliputi: 1) Analisis (Analisys), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluatation). Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yakni uji coba ahli yang meliputi ahli materi dan ahli bahasa, serta subjek uji coba produk yaitu uji coba produk di TK ABA Jepara, TK Avicena dan TK Pertiwi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penilaian terhadap kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan tema kearifan lokal yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan skor 3,8 dengan kriteria “Sangat Baik”, penilaian oleh ahli bahasa menunjukkan skor 3.0 dengan kriteria “Baik”. Hasil peneliti menunjukan bahwa menghasilkan produk berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dengan tema kearifan lokal Lampung yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar menghasilkan tema pembelajaran kearifan lokal Lampung untuk pendidikan anak usia dini 4-5 tahun. Kata Kunci : Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:42
Last Modified: 16 Jun 2022 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19502

Actions (login required)

View Item View Item