STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BALOK DI RA AKHLAKUL KARIMAH DARUL AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA

Yusuf, Aulia Maulida (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BALOK DI RA AKHLAKUL KARIMAH DARUL AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui permainan Balok. Strategi adalah Pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, sebuah aktivitas dalam waktu tertentu. peserta didik merupakan objek yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran, sehingga perkembangan kognitif sangat menentukan keberhasilan peserta didik dalam sekolah. Judul penelitian strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini melalui permainan balok di RA Akhlakul Kharimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara. Rumusan masalah adalah: Bagaimana Strategi Guru dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok di RA Aklakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara, apakah faktor-faktor yang mempengaruhi belum optimalnya kognitif Anak Usia Dini Di RA Akhlakul Kharimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini termasuk Penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah anak di RA Akhlakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara. terdiri dari 2 (dua) siklus, dalam setiap siklus harus melewati beberap tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dengan menggunakan beberapa instrumen, yaitu: wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian tentang permainan Balok dalam pembelajaran meningkatkan kognitif anak menunjukkan peningkatan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan anak tentang permainan Balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di di RA Akhlakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara perlu ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari hasil awal yang memperoleh nilai 50%, siklus I memperoleh 70% dan siklus II memperoleh hasil nilai 85%. Bagi guru Taman Kanak-Kanak: 1) guru hendaknya memberikan penjelasan mengenai metode yang digunakan dalam pembelajaran meningkatkan kognitif pada anak, kemudian guru menguji kemampuan anak khususnya dalam kemampuan dalam bermain Balok, 2) dalam memberikan penilaian hendaknya terdiri dari tiga aspek yaitu motorik, kognitif dan afektif, 3) bagi pihak sekolah hendaknya memahami pembelajaran bermain Balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, 4) guru hendaknya mendukung penerapan bermain Balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, 5) bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan dan meningkatkan bentuk pembelajaran kognitif anak. Kata Kunci : Strategi Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Mar 2017 07:43
Last Modified: 02 Mar 2017 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item