PENGARUH STRATEGI READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SEMENDAWAI TIMUR DI TINJAU DARI SEGI GENDER

SINTA, FARIDATUL ULUM (2022) PENGARUH STRATEGI READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SEMENDAWAI TIMUR DI TINJAU DARI SEGI GENDER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SINTA FARIDATUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, ada tidaknya pengaruh Gender peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan ada tidaknya interaksi antara Strategi pembelajaran dan Gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Semendawai Timur. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dan desain yang digunakan adalah post-test only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Semendawai Timur. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik acak kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang belajar menggunakan strategi Reading, Questioning and Answering (RQA) dan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, tidak terdapat pengaruh Gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika , tidak terdapat interaksi antara strategi Reading, Questioning and Answering (RQA) dan Gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini terlihat dari perbandingan FA hitung = 0,000, FB hitung = 0,266, F I hitung = 0,559 dan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kaidah keputusan dimana hit > Ftab, berarti H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, tidak terdapat pengaruh antara Gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering, Pemecahan Masalah Matematis, Gender

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:20
Last Modified: 15 Jun 2022 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item