SISWI, EKA YUHANA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI Oleh: Siswy Eka Yuhana Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Sehingga apabila keterampilan berpikir kritis peserta didik rendah perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian quasi eksperimen dengan pretest - posttest only control group design. Populasi penelitian kelas XI MIPA. Teknik sampling menggunakan random sampling, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan n-Gain ternormalisasi dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan ttabel<thitung yaitu 2,01<3,18 dan p-value<0,05, artinya terdapat pengaruh model POGIL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa model POGIL lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan model konvensional. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:05 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:05 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19492 |
Actions (login required)
View Item |