PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TANDUR DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MI

Andeskha, Pramudiya Nurul Khotimah (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TANDUR DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  Andeskha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang matang sangat mempengaruhi tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran. Pada pembelajaran terjadi interaksi penting antara pendidik, peserta didik, dan bahan ajar. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan bagaimana peran pendidik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang sudah dilakukan, didapatkan data bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah saat ini masih belum memberikan pengalaman yang nyata dan bermakna. Proses belajar di lingkungan belajar peserta didik harus disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik. Anak usia Sekolah Dasar pada umumnya berada pada tahap perkembangan mental operasional konkret. Oleh karena itu, dalam pembelajaran di Sekolah Dasar pendidik harus menyediakan kondisi belajar yang nyata dan bermakna. Salah satu bahan pembelajaran yang bisa membuat proses belajar lebih aktif, nyata, bermakna, dan menyenangkan yaitu dengan menggunakan bahan pembelajaran TANDUR. LKPD berbasis TANDUR merupakan bahan pembelajaran yang ideal, efektif dan dapat memberikan rasa antusias bagi peserta didik selama mengikuti pembelajaran. Tahapan TANDUR yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Tahapan dalam TANDUR dapat mendorong peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis TANDUR dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subyek penelitian ini adalah peserta didik MIN 1 Bandar Lampung dan MI Mathla'ul Anwar Labuhan Ratu. Data yang dikumpulkan berupa respon validator, guru, dan peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan : (1) bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis TANDUR dengan komponen : sampul depan, kata pengantar, petunjuk penggunaan, daftar isi, KI, KD, dan materi pembelajaran (2) kualitas kelayakan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis TANDUR dari segi isi, desain, dan media berkategori sangat layak menurut ahli dan praktisi. penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis TANDUR layak digunakan dalam pembelajaran di MIN 1 Bandar Lampung dan MI Mathla'ul Anwar Labuhan Ratu oleh karena itu, pendidik berperan penting sebagai inovator dalam pengelolaan proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi serta kebiasaan dan pengetahuan peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, ADDIE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:55
Last Modified: 14 Jun 2022 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item