UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN LUDO DI KELAS IV SD NEGERI GEDUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN

MAYCHA, ANGGITA (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN LUDO DI KELAS IV SD NEGERI GEDUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAYCHA ANGGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN LUDO DI KELAS IV SD NEGERI GEDUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN Oleh MAYCHA ANGGITA Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. di SD Negeri Gedung Agung Lampung Selatan, media pembelajaran yang digunakan guru IPA masih konvesional, kurangnya minat belajar siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas dan kurang menarik dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik, serta peserta didik menjadi pasif. Sehingga hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri Gedung Agung Lampung Selatan tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diadakannya penelitian pada pembelajaran IPA dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus berdaur ulang yang terdiri dari empat tahap yaitu a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi, d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra penelitian persentase ketuntasan sebesar 31%, siklus I sebesar 42%, dan siklus II sebesar 85%. Demikian Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan Permainan Ludo dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada mata peajaran IPA di kelas IV SD Negeri Gedung Agung Lampung Selatan. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran TGT, Berbantuan Permainan Ludo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:50
Last Modified: 14 Jun 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19487

Actions (login required)

View Item View Item