PENERAPAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 KURIPAN KECAMATAN TIGA DIHAJI KABUPATEN OKU SELATAN

ASNI, KARMITA (2022) PENERAPAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 KURIPAN KECAMATAN TIGA DIHAJI KABUPATEN OKU SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2 ,DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ASNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar peseta didik kleas V di SDN 1 Kuripan Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten Oku Selatan. bahwasanya kecerdasan emsional peserta didik kelas V masih sebagian menunjukan kurang. Hal ini disebabkan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dalam penggunaan metode guru masih menggunakan contoh-contoh secara gambaran serta contoh-contoh tertulis, di dalam proses meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Guru belum menggunakkan media yang secara nyata tentang contoh sikap yang akan diterapkan pada peserta didik contohnya media film. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik dengan menggunakan media film pada siswa kelas V SDN 1 Kuripan kec.Tiga Dihaji Kab.Oku Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri 4 langkah dalam 2 siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil angket peserta didik, hasil lembar observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas pendidik dalam menggunakan media film . Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik dengan presentase peningkatan rata-rata dari setiap siklus yaitu pada siklus I dan II aspek mengenali emosi diri sendiri mengalami peningkatan rata-rata 15,1%, aspek pengendalian diri mengalami peningkatan rata-rata 11,3%, aspek memotivasi diri sendiri mengalami peningkatan rata-rata 11,3%, aspek mengenal emosi orang lain mengalami peningkatan rata-rata 10,2%, dan aspek membina hubungan mengalami peningkatan rata-rata 20,7%. Selanjutnya, dari presentase keseluruhan siklus I dan II hasil kecerdasan emosional peserta didik meningkat. iv Kata Kunci: Penerapan media film untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:30
Last Modified: 13 Jun 2022 08:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item