PERAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK MUTIARA BUNDA PESAWARAN

PINANTI, Katmin (2022) PERAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK MUTIARA BUNDA PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I - BAB II.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP PINAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Guru pendamping adalah guru yang berkewajiban membantu guru inti dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru pendamping dalam pembelajaran anak usia dini selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini meggunakan triangulasi sumber dengan dua orang guru pendamping dan kepala sekolah di TK Mutiara Bunda Pesawaran sebagai sumbernya. Penelitian ini menggunakan Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, pengkajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di Tk Mutiara Bunda Pesawaran menunjukkan bahwa selama pembelajaran guru pendamping sudah melakukan tugasnya sesuai dengan indikator yang sudah ada didalam teori baik dalam melakukan tugasnya mendampingi guru kelas dan meberikan perhatian secara khusus kepada siswa yang memerlukan perhatian khusus, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya. Salah satunya adalah masih disamakannya Rencana Pembelajaran Harian untuk anak yang memiliki kebutuhan secara khusus serta kurangnya perhatian guru dalam perlindungan dan pengasuhan terhadap anak. Kata Kunci: Guru Pendamping, Pembelajaran, Anak Usia Dini iv ABSTRACT Assistant teachers are teachers who are obliged to assist core teachers in the process of planning, implementing, and evaluating learning. The purpose of this study was to find out how the role of accompanying teachers in early childhood learning during the learning process takes place. This research was conducted using a case study research method. This study uses source triangulation with two accompanying teachers and the principal at Mutiara Bunda Pesawaran Kindergarten as the source. This study uses data obtained by means of observation, interviews, and documentation. The data were analyzed qualitatively by using data reduction, data analysis, and drawing conclusions. Based on the results of research that has been carried out at Mutiara Bunda Pesawaran Kindergarten, it shows that during learning the accompanying teacher has carried out his duties according to the indicators already in the theory both in carrying out his duties accompanying class teachers and giving special attention to students who need special attention, although there are still some students who need special attention. some obstacles in its implementation. One of them is the uniformity of the Daily Learning Plans for children with special needs and the lack of attention from teachers in protecting and caring for children. Keywords: Assistant Teacher, Learning, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:07
Last Modified: 13 Jun 2022 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item