PENGARUH EARNINGS PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER) , RETURN ON EQUITY (ROE) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP HARGA SAHAM ( Studi Pada Emiten Yang Terindeks Pada Saham Syariah Indonesia (ISSI) di BEI )

RICKY, APRIADI (2022) PENGARUH EARNINGS PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER) , RETURN ON EQUITY (ROE) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP HARGA SAHAM ( Studi Pada Emiten Yang Terindeks Pada Saham Syariah Indonesia (ISSI) di BEI ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kegiatan pendanaan perusahaan yang menyumbang tambahan dana dengan jumlah besar adalah kegiatan pendanaan yang berasal dari luar yang merupakan kegiatan investasi yang dilakukan oleh sejumlah investor. yang harus menjadi fokus pertimbangan seorang investor adalah harga saham. Salah satu alat analisis dalam menilai harga saham adalah melalui analisis fundamental perusahaan melalui analisis rasio keuangannya seperti EPS, DER, ROA dan ROE. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah pengaruh EPS, DER, ROA, dan ROE, Terhadap Harga saham secara parsial dan simultan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh EPS, DER, ROA, dan ROE, Terhadap Harga saham secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sumber data sekunder dengan teknik Purposive Sampling. Data yang diambil dilihat dari laporan keuangan tahunan perusahaan sektor property real estate yang konsisten yang tercatat dalam Indeks Saham syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016 – 2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 25 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel, dengan uji chow, uji hausman dan uji hipotesis (uji R2, uji F, dan uji t), model estimasi regresi data panel yang digunakan yaitu Fixed Effect Model, pengolahan data menggunakan program E�Views 9. Hasil penelitian ini menunjukkan secara bersama-sama variabel EPS, DER, ROA, dan ROE berpengaruh secara signifikan terhadap Harga Saham.Uji koefisien determinasi (R2) 98,12% sedangkan sisanya 1,88% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Secara parsial EPS tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai t-statistik sebesar 1,4891 dan nilai signifikansi sebesar 0,1283. DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai t-statistik sebesar 2,7970 dan nilai signifikansi sebesar 0,0075. ROA tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai t-statistik ROA sebesar 0,7409 dan nilai signifikansi sebesar 0,4625. ROE tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai t-statistik ROE sebesar -0,8718 dan nilai signifikansi sebesar 0,3878. Kata kunci: Earning Per Share, Debt To Equity Ratio, Return On Asset, Return On Equity, Harga Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:42
Last Modified: 10 Jun 2022 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item View Item