PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA LAMPUNG PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG

EVA, NOVIA KHOIRUNNISA (2022) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA LAMPUNG PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya minat belajar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Lampung, untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, yaitu media yang memiliki dua unsur yakni unsur suara dan unsur gambar yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan menarik sehingga dapat menstimulasi peserta didik untuk lebih fokus dan membuat suasana belajar menjadi efektif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap minat belajar Bahasa Lampung peserta didik kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Quasi Experiment Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual sedangkan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan memanfaatkan media visual. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling atau acak kelas dengan materi Bahasa Lampung Afik Gabungan, Ungkapan, Kalimat Tanya, Kalimat Perintah, Ragam Bahasa dan Aksara Lampung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket minat belajar. Analisis data yang digunakan yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung = -10,342 dengan nilai signifikansi 2-tailed pada equal variances assumed sebesar 0,000 dan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dengan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan media audio visual terhadap minat belajar Bahasa Lampung peserta didik. Kata Kunci: Media audio visual, minat belajar dan Bahasa Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:21
Last Modified: 10 Jun 2022 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19458

Actions (login required)

View Item View Item