PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 2 TIAS BANGUN

ARIS, SETIAWAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 2 TIAS BANGUN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 02 TIAS BANGUN Oleh : Aris Setiawan Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 02 Tias Bangun dikarenakan kurangnya ketertarikan siswa mendengarkan penjelasan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Siswa hanya diam saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, hal ini yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa karena guru kurang memfokuskan perhatian siswa saat menjelaskan langkah-langkah membuat pengumuman pada setiap kegiatan pembelajaran. Guna mengatasi masalah tersebut guru harus mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran probing promting, dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar bahasa indonesia siswa dengan model pembelajaran probing promting lebih baik dari hasil belajar bahasa indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Probing Promting dan satu kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 02 Tias Bangun, sampel dipilih secara acak yang dilakukan sebanyak tiga kali diperoleh sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara kuantitatif antara kedua kelompok sampel menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh thitung = 1,928 dan ttabel = 1,684 yang berarti thitung > ttabel yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan model pembelajaran probing promting lebih baik dari hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning kelas IV SDN 02 Tias Bangun Lampung Tengah. Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia dan Model Pembelajaran Probing Promting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:36
Last Modified: 09 Jun 2022 08:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19455

Actions (login required)

View Item View Item