PENGARUH SHARIA MARKETING STRATEGY DAN SHARIA MARKETING VALUE TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI ERA PANDEMI COVID-19

M. Afifuddin, Zainal Abidin (2022) PENGARUH SHARIA MARKETING STRATEGY DAN SHARIA MARKETING VALUE TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI ERA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESSIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESSIS_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemasaran syariah merupakan sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad serta prinsip-prinsip syariah dan muamalah dalam Islam. Situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, sektor perbankan syariah cukup banyak tantangan, perlu disadari tantangan di tengah tekanan masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, perbankan syariah agar terus waspada dan mengaharuskan mencari strategi, inovasi baru supaya dapat bertahan menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian yaitu dengan cara penerapan Sharia Marketing Strategy dan Sharia Marketing Value dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Secara garis besar rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh Sharia Marketing Strategy (X1) dan Sharia Marketing Value (X2) terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Y) dengan variabel minat (Z) sebagai variabel intervening. Penelitian ini untuk menguji pengaruh Variabel X (Sharia Marketing Strategy Dan Sharia Marketing Value) terhadap Y (Keputusan Menjadi Nasabah Pada Lembaga Keuangan Sariah Di Era Pandemi Covid-19) dengan variabel Z sebagai intervening (minat nasabah). Sedangkan untuk menganalisis pengaruh masing�masing variabel menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: Diterapkannya Sharia marketing strategy dan sharia marketing value yang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh lembaga keuangan syariah, maka upaya tersebut dapat mempengaruhi minat nasabah untuk memutuskan menjadi bagian pada lembaga keuangan syariah tersebut. Sharia marketing strategy dan sharia marketing value berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di lembaga keuangan syariah Kota Metro. Minat nasabah semakin meningkat setelah lembaga keuangan syariah Kota Metro yang dalam hal ini diwakili oleh BMT Artha Buana Metro yang telah menerapkan Sharia marketing strategy dan sharia marketing value dengan baik sehingganya mempengaruhi keputusan nasabah untuk menjadi nasabah di lembaga keuangan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:53
Last Modified: 09 Jun 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19450

Actions (login required)

View Item View Item