PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI KELAS IV SD/MI

SISKHA, BELLA AYU PRATIWI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SISKHA BELLA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran selama pandemi covid-19 dilakukan secara daring, pendidik dan peserta didik hanya menggunakan bahan ajar berupa buku pendidik dan buku peserta didik, serta di dalam buku pendidik dan buku peserta didik yang digunakan dalam proses pembelajaran masih bersifat umum belum adanya inovasi media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran tema berbagai pekerjaan di kelas IV SD/MI. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana pengembangkan media pembelajaran interaktif dengan berbantuan aplikasi Lectora Inspire pada tema Berbagai Pekerjaan kelas IV SD/MI. 2). Bagaimana kualitas media pembelajaran interaktif dengan berbantuan aplikasi Lectora Inspire pada tema Berbagai Pekerjaan kelas IV SD/MI. 3). Bagaimana respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Lectora Inspire pada tema Berbagai Pekerjaan kelas IV SD/MI. Penelitian ini mengacu pada prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono yang terdiri dari 7 tahap, yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Nurul Iman dan SDN 01 Mulya Asri. Instrument pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada 1 ahli Bahasa, 2 ahli media, dan 2 ahli materi. Adapun angket yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik digunakan untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan penilaian validasi ahli Bahasa mendapatnilai rata-rata 82% dengan kategori Sangat Layak, ahli media mendapat nilai rata-rata 90% dengan kategori Sangat Layak, dan ahli materi memperoleh rata-rata 80% dengan kategori Sangat Layak. Adapun skor rata-rata dari respon peserta didik skala kecil di MI Nurul Iman memperoleh nilai rata-rata 87% dengan kategori Sangat Layak, dan kelompok besar di SDN 01 Mulya Asri memperoleh nilai rata-rata 89% dengan kategori Sangat Layak. Hal ini menunjukkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Lectora Inspire pada tema berbagai pekerjaan di kelas IV SD/MI yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Tema Berbagai Pekerjaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:30
Last Modified: 09 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item View Item