PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB MEREK ZOYA (Studi Pada Masyarakat di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung)

Sri, Ayu Lestari (2022) PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB MEREK ZOYA (Studi Pada Masyarakat di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI AYU LESTARI -.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pengambilan keputusan pembelian pada setiap orang pada dasarnya adalah sama, namun proses pengambilan keputusan tersebut tidak dapat dilepaskan dari harga seperti uang, waktu, aktivitas kognitif, upaya perilaku, nilai dan penetapan harga. Kepuasan konsumen yang tidak ada batasnya, dimanfaatkan oleh para produsen jilbab untuk menciptakan jilbab yang sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen. Upaya yang perlu dilakukan perusahaan untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan usaha adalah dengan memahami perilaku konsumen yang akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, keragaman produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang dianalisis secara parsial, simultan, determinasi r, dan perspektif ekonomi Islam. Jenis Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian lapangan yang langsung dilakukan di lapangan atau kepada responden. Penelitian assosiatif yang dimaksudkan dalam penelitian ini ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Harga, Keragaman Model, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian Zoya Jilbab. Pembelian, dan Etika Bisnis Islam Berdasarkan hasil uji satistik menunjukan bahwa terjadi hubungan positif antara variabel harga, keragaman produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefesien regresi tertinggi terletak pada variabel harga dan nilai koefisien regresi terendah terdapat pada variabel kualitas produk. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa setiap variabel bauran pemasaran harga, keragaman produk, serta kualitas produk masing-masing mempengaruhi secara segnifikan. Besar kecilnya nilai suatu segnifikan sangat mempengaruhi kepada variabel terikat, semakin besar nilai suatu segnifikansi maka semakin kuat pengaruh tersebut terhadap variabel terikat. Menurut hasil observasi dan wawancara pada Industri Jilbab Merek ZOYA khususnya di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung sudah menerapkan prinsip-prinsip Islam yang diperjelas dengan pernyataan, a). Prinsip kebenaran dan kejujuran, b). Prinsip amanah atau tanggung jawab, dan c).Prinsip keadilan. Kata Kunci: Harga, Keragaman Produk, Kualitas Produk, Keputusan ABSTRACT The buying decision-making process for everyone is basically the same, but the decision-making process cannot be separated from prices such as money, time, cognitive activity, behavioral effort, value and pricing. Consumer satisfaction that has no limits, is used by hijab manufacturers to create hijabs that suit the wishes and needs of consumers. Efforts that need to be made by companies to survive and win business competition is to understand consumer behavior that will influence consumer purchasing decisions. The purpose of this study was to determine the effect of price, product diversity, and product quality on purchasing decisions which were analyzed partially, simultaneously, r determination, and Islamic economic perspective. The type of research used by the author is field research, which is a field research that is directly carried out in the field or to respondents. The associative research that is intended in this study is whether there is a positive and significant influence between Price, Diversity of Models, and Product Quality on Zoya Jilbab purchasing decisions. Based on the results of the statistical test, it shows that there is a positive relationship between the price variables, product diversity, and product quality on purchasing decisions with the highest regression coefficient value being the price variable and the lowest regression coefficient being the product quality variable. These results indicate that each variable in the marketing mix, price, product diversity, and product quality has a significant influence. The size of a significant value greatly affects the dependent variable, the greater the value of a significance, the stronger the influence on the dependent variable. According to the results of observations and interviews with the ZOYA Brand Hijab Industry, especially in Sukarame District, Bandar Lampung, they have implemented Islamic principles which are clarified by the statement, a). The principle of truth and honesty, b). The principle of trust or responsibility, and c). The principle of justice. Keywords: Price, Product Diversity, Product Quality, Purchase Decision, and Islamic Business Ethics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:51
Last Modified: 09 Jun 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item