PENGARUH BOARD DIVERSITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DITINJAU DARI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada JII70 Periode 2019-2020)

NAZAROBI, PRASETYA (2022) PENGARUH BOARD DIVERSITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DITINJAU DARI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada JII70 Periode 2019-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NAZAROBI PRASETYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia termasuk salah satu negara yang mengalami keterpurukan akibat krisis ekonomi. Salah satu indikasi yang menyatakan bahwa penyebab terjadinya krisis ekonomi adalah karena buruknya corporate governance.corporate governance adalah komposisi dari dewan. Adanya organ-organ perusahaan (dewan komisaris dan direksi) merupakan bukti pengaplikasian prinsip Good Corporate Governance dalam tataran yang minimal. Dewan komisaris merupakan inti dari corporate governance yang ditugaskan untuk menjamin pelaksanaan strategi perusahaan, mengawasi manajemen dalam mengelola perusahan, serta mewajibkan terlaksananya akuntabilitas. Sedangkan manajemen puncak adalah jenjang manajemen tertinggi dalam suatu perusahaan, biasanya terdiri atas dewan direksi dan dewan utama. Oleh karena itu, persebaran anggota dewan diduga dapat mempengaruhi nilai perusahaan, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Pada tahun 2019, beberapa perusahaan manufaktur di BEI mengalami penurunan harga saham.Itu semua terjadi dikarenakan salah satu faktor yaitu adanya musibah virus Corona diindonesia. Sedangkan pada awal tahun 2019 kembali terdapat banyak perusahaan- perusahaan yang sahamnya terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) yang mengalami koreksi kenaikan sehingga menjadi fenomena yang menarik untuk diadakan penelitian. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Jakarta Isamic Index 70 (JII70) dan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Statistik Desktiptif. Terdapat pengaruh board diversity terhadap nilai perusahaan ditinjau dari Good Corporate Governance (Studi pada perusahaan yang terdaftar pada JII70 periode 2019-2020) yang didukung dengan Hasil Uji F simultan. Namun dalam Uji t parsial tidak semua variabel memiliki pengaruh ada dua variabel yang memiliki pengaruh yaitu variabel Usia dan Latar Belakang Pendidikan. Variabel lain yang tidak memiliki pengaruh yaitu variabel Keberadaan Wanita dan Kewarganegaraan didukung dengan nilai t hitung yang telah dihitung. Kemudian besarnya pengaruh board diversity terhadap nilai perusahaan bila ditinjau dari Good Corporate Governance dibuktikan darihasil uji R2 diatas menunjukan bahwa nilai R square sebesar 0.721 dimana dari nilai tersebut dapat diartikan bahwa besar pengaruh dari variabel Keberadaan Wanita, Usia, Latar Belakang Pendidikan dan Kewarganegaraan sebesar 72.1%, yang dalam hal ini variabel memiliki pengaruh yang cukup besar.Artinya, dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh board diversity terhadap nilai perusahaan bila ditinjau dari Good Corporate Governance (Studi pada perusahaan yang terdaftar pada JII70 periode 2019-2020). Kata Kunci :Good Corporate Governance, Board Diversity, JII70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:12
Last Modified: 08 Jun 2022 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19437

Actions (login required)

View Item View Item