EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPILKABUPATEN LAMPUNG UTARA

YUSTIKA, OKTORA DOMAS (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPILKABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YUSTIKA OKTORA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh YUSTIKA OKTORA DOMAS Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah masih dihadapkan pada sistem pemerintahan yang belum efektif dan efisien serta kualitas sumber daya manusia aparatur yang belum memadai. Hal ini terlihat dari masih banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat baik secara Iangsung maupun melalui media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas serta Kualitas Pelayanan Publik Berbasis online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Utara terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring serta keluarnya Surat Edaran Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 443.1/ 2978/ Dukcapil Tanggal 16 Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data (validitas data) dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan publik berbasis online yang diterapkan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Utara terlaksana dengan Efektif didukung oleh kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, bahaya Covid-19 yang mengubah kebiasaan baru bagi penyelenggara pelayanan publik yang kemudian tertuang dalam peraturan pemerintah Menteri Dalam Negeri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring serta keluarnya Surat Edaran Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 443.1/ 2978/ Dukcapil Tanggal 16 Maret 2020 Perihal Pelayanan Administarasi Kependudukan dan Pencegahan Virus Corona (Covid�19). Pemerintah daerah mampu beradaptasi melalui adaptasi baru, kebiasaan baru pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Utara. Dengan hal tersebut Aparatur Sipil Negara (ASN) menyesuaikan dengan teknologi dan zaman. Adapun Jumlah dan mutu pelayanan yang dihasilkan, dengan banyaknya permohonan pelayanan mampu diselesaikan oleh pegawai secara akurat, cepat, terbuka, dan adanya jaminan kepastian waktu terbukti dari presentase jumlah wajib KTP-el tahun 2021 adalah 448.310 dan terselesaikan 494.391. Standar Operasional Prosedur sesuai dengan aturan yang berlaku tata, cara pelayanan yang mudah dan sederhana ABSTRAK Oleh YUSTIKA OKTORA DOMAS Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah masih dihadapkan pada sistem pemerintahan yang belum efektif dan efisien serta kualitas sumber daya manusia aparatur yang belum memadai. Hal ini terlihat dari masih banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat baik secara Iangsung maupun melalui media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas serta Kualitas Pelayanan Publik Berbasis online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Utara terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring serta keluarnya Surat Edaran Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 443.1/ 2978/ Dukcapil Tanggal 16 Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data (validitas data) dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan publik berbasis online yang diterapkan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Utara terlaksana dengan Efektif didukung oleh kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, bahaya Covid-19 yang mengubah kebiasaan baru bagi penyelenggara pelayanan publik yang kemudian tertuang dalam peraturan pemerintah Menteri Dalam Negeri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring serta keluarnya Surat Edaran Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 443.1/ 2978/ Dukcapil Tanggal 16 Maret 2020 Perihal Pelayanan Administarasi Kependudukan dan Pencegahan Virus Corona (Covid�19). Pemerintah daerah mampu beradaptasi melalui adaptasi baru, kebiasaan baru pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Utara. Dengan hal tersebut Aparatur Sipil Negara (ASN) menyesuaikan dengan teknologi dan zaman. Adapun Jumlah dan mutu pelayanan yang dihasilkan, dengan banyaknya permohonan pelayanan mampu diselesaikan oleh pegawai secara akurat, cepat, terbuka, dan adanya jaminan kepastian waktu terbukti dari presentase jumlah wajib KTP-el tahun 2021 adalah 448.310 dan terselesaikan 494.391. Standar Operasional Prosedur sesuai dengan aturan yang berlaku tata, cara pelayanan yang mudah dan sederhana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:00
Last Modified: 08 Jun 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19436

Actions (login required)

View Item View Item