EFEKTIVITAS PINJAMAN MODAL TANPA AGUNAN GUNA MENGEMBANGKAN USAHA ULTRA MIKRO MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BANK WAKAF MIKRO DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Minhadlul'Ulum Kabupaten Pesawaran )

Laura, Imanda (2022) EFEKTIVITAS PINJAMAN MODAL TANPA AGUNAN GUNA MENGEMBANGKAN USAHA ULTRA MIKRO MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BANK WAKAF MIKRO DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Minhadlul'Ulum Kabupaten Pesawaran ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LAURA IMANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa lembaga swadaya masyarakat menganggap bahwa peluang ekonomi dan mata pencaharian yang berkelanjutan serta penyediaan modal bagi para pelaku usaha ultra mikro melalui Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) merupakan pintu masuk yang efektif untuk melakukan pemberdayaan. Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Minhadlul’Ulum melakukan pemberdayaan melalui pemberian pinjaman modal tanpa agunan yang bertujuan untuk menjadikan anggota berdaya dan produktif dengan mendirikan atau menjalankan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pinjaman modal tanpa agunan guna mengembangkan usaha ultra mikro di masa pandemi covid-19 dan mengetahui efektivitas pinjaman modal tanpa agunan melalui program pemberdayaan ekonomi dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa data kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dengan baik, kemudian dikategorikan menjadi beberapa indikator sesuai dengan indikator efektivitas untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu pemberian pinjaman modal usaha dalam rangka pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Minhadlul’Ulum cukup efektif. Pemberian pinjaman modal usaha yang diberikan sudah berjalan cukup baik sesuai prinsip pemberdayaan dan memenuhi indikator efektivitas, yaitu anggota paham akan tujuan dari pemberian pinjaman modal usaha yang diberikan, sasaran tepat kepada anggota yang ingin mendirikan atau mengembangkan usaha, waktu pengembalian pinjaman oleh anggota cukup baik, tujuan untuk menjadikan anggota produktif tercapai, dan terjadinya perubahan nyata anggota peminjam yaitu anggota dapat mendirikan usaha serta sebagian peminjam sudah bisa mengembangkan usahanya sendiri tanpa kembali melakukan pinjaman kepada Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Minhadlul’Ulum yang menandakan keberhasilan pemberdayaan di masa pandemi covid-19. Kata kunci : Pinjaman Modal,Pemberdayaan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:57
Last Modified: 08 Jun 2022 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item