PERANAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN PELUANG USAHA SERTA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Lengkung Langit Kemiling Bandar Lampung)

TIARA, BUNGA PERMATA (2022) PERANAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN PELUANG USAHA SERTA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Lengkung Langit Kemiling Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TIARA BUNGA PERMATA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pariwisata merupakan salah satu potensi ekonomi kerakyatan yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pariwisata merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang sangat menjanjikan, bukan hanya bagi pemilik, namun juga mempunyai peranan terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya. Adanya objek wisata di suatu daerah maka secara langsung akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan akan membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar untuk membuka berbagai macam usaha kecil yang mampu meningkatkan kesejahteraan mereka. Sebagaimana peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan hakikat pembangunan nasional. Tujuan utama dari rangkaian pembangunan nasional bukan hanya diarahkan pada pembangunan fisik saja melainkan juga mengupayakan perbaikan pada kesejahteraan masyarakat. Dimana objek wisata yang menjadi objek penelitian penulis yaitu objek wisata Lengkung Langit. Permasalahan yang dikaji dalam penulisan ini adalah bagaimana peranan pariwisata dalam pengembangan peluang usaha serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di era pandemi covid-19 dan bagaimana peranan pariwisata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di era pandemi covid-19 menurut perspektif ekonomi islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan pariwisata dalam pengembangan peluang usaha serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di era pandemi covid-19 dan untuk mengetahui bagaimana peranan pariwisata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di era pandemi covid-19 menurut perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field research) dengan metode kualitatif dan bersifat deskriptif yang terdiri dari sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuiseoner, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:53
Last Modified: 08 Jun 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19432

Actions (login required)

View Item View Item