IIN, SAGITA (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK HANDAYANI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Sosial emosional adalah kemampuan anak dalam menyesuaikan diri, memahami keadaan lingkungan sekitar dan perasaan saat berinteraksi dengan orang lain. Fenomena yang terjadi saat ini adalah Pasca pandemi yaitu masa baru dimana setelah masa pandemi covid�19,pasca pandemi belakangan ini memunculkan kata baru yaitu masa new normal yang artinya suatu cara hidup baru dalam menjalankan suatu aktivitas yakni menerangkan suatu kondisi yang terbentuk akibat lamanya kehidupan sosial masyarakat selama covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak pasca pandemi covid�19. Dalam penelitian ini perkembangan sosial emosional menggunakan teori dari Salovey dan Mayer. Sedangkan peran orang tua menggunakan teori dari Ihsan Dacholfany dan Uswatun Hasanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua anak usia 5-6 tahun di TK Handayani Lampung Utara yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini pasca pandemi ini adalah dengan mengarahkan dan menasehatinya pada saat santai atau sebelum tidur secara baik-baik, menjadi contoh tauladan yang baik untuk anak, mendidik anak melalui pembiasaan (membiasakan anak dalam melakukan hal yang baik) karena melalui sikap pembiasaan dari orang tua sebagai pendidik pertama sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak sehingga anak mudah dalam bersosialisasi dan dapat diterima dengan baik oleh orang yang ada di sekitarnya, mengajak anak keluar rumah untuk berbaur dengan orang lain dan lingkungan sekitar, tidak terlalu mengekang anak dan berusaha memenuhi fasilitas yang dibutuhkan anak baik keperluan sekolah, mengaji dan bermain bersama temannya. Berdasarkan hasil temuan peneliti perkembangan sosial emosional anak berkembang dengan baik hal ini di tunjukkan anak memiliki rasa empati, mampu mengekpresikan perasaan secara wajar, dapat memahami perasaan iii orang lain, memiliki sikap mandiri, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki sikap setiakawan, memiliki sikap sopan serta mampu bersikap hormat dengan orang lain. Dari hasil oberservasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap 20 orang anak di TK Handayani terdapat 2 orang anak yang masih belum berkembang (10%), 1 orang anak mulai berkembang (5% ) 11 orang anak berkembang sesuai harapan (55%), dan 6 orang anak berkembang sangat baik (30%). Kata kunci : Peran Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:35 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 04:35 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19430 |
Actions (login required)
View Item |