KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH TANGKITBATU NATAR

KHOIRUNNISA, M. Islani (2022) KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH TANGKITBATU NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi KHOIRUNNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH TANGKITBATU NATAR Oleh Khoirunnisa Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberagaman gaya belajar peserta didik yang dilihat berdasarkan karakteristik perilaku yang berbeda-beda ketika belajar dikelas. Cara yang peserta didik gunakan untuk menerima pembelajaran merupakan kecenderungan gaya belajarnya masing-masing. Cara belajar itu disebut juga dengan gaya belajar. Deporter dan Hernacki mengelompokkan gaya belajar menjadi tiga modalitas yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Setiap peserta didik memiliki ketiga gaya belajar tersebut, namun kecenderungan pada satu gaya belajar tertentu yang memudahkannya dalam menyerap pelajaran. Selain itu, kemandirian belajar peserta didik cukup terbilang rendah, hal ini disebabkan oleh kurangnya inisiatif dan antusias peserta didik dalam pembelajaran IPS, kurangnya rasa percaya diri, serta kurangnya rasa tanggung jawab. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul “Korelasi Antara Gaya Belajar (Visual, Auditory, Kinesthetic) Dengan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Muhammadiyah Tangkibatu Natar”. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang ditentukan dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara gaya belajar (visual, auditory, kinesthetic) dengan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Hal ini terlihat pada perolehan hasil nilai sig. F change 0,034<0,05, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,143 sehingga gaya belajar memberikan kontribusi sebesar 14,3% terhadap kemandirian belajar dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemandirian Belajar. ii ABSTRACT CORRELATION BETWEEN LEARNING STYLES (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) WITH STUDENT LEARNING INDEPENDENCE IN IPS CLASS V SUBJECT AT MI MUHAMMADIYAH TANGKITBATU NATAR Oleh Khoirunnisa This research is motivated by the diversity of learning styles of students who are seen based on the characteristics of different behaviors when studying in class. The way that students use to receive learning is the tendency of their respective learning styles. This way of learning is also known as learning style. Deporter and Hernacki classify learning styles into three modalities, namely visual learning styles, auditory learning styles, and kinesthetic learning styles. Each student has these three learning styles, but tends to a certain learning style that makes it easier for him to absorb lessons. In addition, the learning independence of students is quite low, this is due to the lack of initiative and enthusiasm of students in social studies learning, lack of self�confidence, and lack of sense of responsibility. So it is necessary to do research with the title "Correlation Between Learning Styles (Visual, Auditory, Kinesthetic) With Student Learning Independence in Social Studies Subjects Class V at MI Muhammadiyah Tangkibatu Natar". This research method uses quantitative research with a correlational design. This research was conducted at MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. The population in this study were all students of class V MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. The sample in this study amounted to 60 students who were determined using the total sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The instrument used is a learning style questionnaire and a learning independence questionnaire. The results of the study indicate that there is a positive and significant correlation or relationship between learning styles (visual, auditory, kinesthetic) and learning independence in social studies subjects for class V at MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. This can be seen in the acquisition of the value of sig. F change 0.034 <0.05, then the decision is H0 is rejected and Ha is accepted. Contribution of 14,3% to learning independence and the rest is influenced by other factors not discussesd in this study. Keywords: Learning Style, Learning Independence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:47
Last Modified: 07 Jun 2022 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19420

Actions (login required)

View Item View Item