PENGARUH E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

ELDHA, INKE HADIANA (2022) PENGARUH E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELDHA INKE HADIANA NPM 1711100051.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran tematik pada penelitian ini dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar kelas IV di SD Muhammadiyah Pringsewu, khususnya di kelas IV Mina dan kelas IV Arofah. Masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh e-modul pembelajaran berbasis science technology society terhadap hasil belajar kelas IV SD Muhammadiyah Pringsewu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-modul pembelajaran berbasis science technology society terhadap hasil belajar kelas IV SD Muhammadiyah Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experiment adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pringsewu dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling (sampel tanpa acak). Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IV Mina yang berjumlah 25 peserta didik dan kelas IV Arofah yang berjumlah 25 peserta didik. Pada kelas IV Mina sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan e-modul berbasis science technology society dan kelas IV Arofah sebagai kelas kontrol menggunakan metode discovery learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Hasil perhitungan uji-t Dalam penelitian ini pengujian data menggunakan SPSS V. 20 For Windows diperoleh nilai Sig < 0,05 (5%). Pada Sig. (2 tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan metode Science Technology Society terhadap hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan e-modul berbasis Science Technology Society terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pringsewu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Science Technology Society, E-Modul

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:33
Last Modified: 07 Jun 2022 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19419

Actions (login required)

View Item View Item