PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

UNZELA, Darul (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI UNZELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Orang tua adalah lingkungan pertama dalam memberikan pengaruh proses pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama perkembangan sosial emosional. Maka dari itu pola asuh orang tua lah yang sangat berhubungan dengan perkembangan anak karena waktu yang paling lama bersama anak adalah orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling Probability Sampling dengan jenis teknik Simple Random Sampling dengan populasi sebanyak 64 siswa TK Negeri 2 Bandar Lampung dan Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Alat pengumpul data utama menggunakan kuesioner angket, angket pola asuh dan angket sosial emosional diberikan kepada orang tua. Hasil penelitian menunjukkan nilai pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 12.917 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 (5 %), nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil 0,05 (5 %). Artinya terdapat pengaruh variabel pola asuh orang tua (X) terhadap perkembangan sosial emosional anak (Y) usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Kemudian, nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,891. Selain koefisien korelasi berganda, nilai koefisien determinasinya (R Square) juga diketahui sebesar 0,794. Koefisien determinasi sebesar 79,4% menunjukkan bahwa 79,4% pola asuh orang tua mempunyai pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun, sedangkan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:34
Last Modified: 07 Jun 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19414

Actions (login required)

View Item View Item