PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI DI RA AL-AMANAH BANDAR LAMPUNG

RUSNI, FATMAWATI (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI DI RA AL-AMANAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RUSNI FATWANATI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian di RA Al-Amanah Bandar Lampung dilatar belakangi oleh pembelajaran dengan metode eksperimen dengan melakukan percobaan benda yang larut dan tidak larut dalam air, pencampuran warna, gunung meletus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di RA Al�Amanah Bandar Lampung, yang memiliki tiga kelas yaitu B1, B2 dan B3. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas B3 berjumlah 15 anak . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan alat bantu program SPSS 25. Hasil penelitian ini menujukkan terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia dini di RA Al-Amanah Bandar Lampung .Hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kriteria jika nilai signifikan < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia dini di RA Al-Amanah Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains iii ABSTACT Research at RA Al-Amanah Bandar Lampung was motivated by learning with the experimental method by experimenting with objects that are soluble and insoluble in water, mixing colors, volcanoes erupting. This study aims to determine the effect of the experimental method on children’s science process skills. The research used is a quantitative type of One Group Pretest-Postest Design. Data collection techniques using questionnaires, documentation. The population in this study were all students at RA Al-Amanah Bandar Lampung, which had three classes, namely B1, B2 and B3. The sample in this study is class B3 totaling 15 children. The data analysis technique in this study used the t-test to answer the hypothesis. Normality test using the Kolmogorov Smirnov formula to determine whether the data is normally distributed or not. Analysis of quantitative data using SPSS 25 program tools. The results of this study show that there is an effect of the experimental method on the science process skills of early childhood at RA Al-Amanah Bandar Lampung. The results of the Paired Sample T-test test show a significant value of 0,000 < 0,05, in accordance with the criteria if the significant value < 0,05 means Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an effect of the experimental method on the science prosess skill of early childhood at RA Al-Amanah Bandar Lampung. Keywords: Experimental Method, Sabis Process Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 09:39
Last Modified: 06 Jun 2022 09:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19407

Actions (login required)

View Item View Item