IMPLEMENTASI FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA NOMOR 103/DSN-MUI/X/2016 TENTANG NOVASI SUBJEKTIF BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kota Bandar Lampung)

RAHMA, LUTHFIANA TH (2022) IMPLEMENTASI FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA NOMOR 103/DSN-MUI/X/2016 TENTANG NOVASI SUBJEKTIF BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMA LUTHFIANA TH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu upaya penyelamatan kredit bermasalah oleh bank adalah melakukan pembaharuan utang atau novasi subjektif yang merupakan pembaruan utang yang menghapus perjanjian lama dengan perjanjian baru. Dalam Islam aturan dan tata cara melakukan Novasi Subjektif sudah diatur pada Fatwa DSN-MUI No.103/DSN�MUI/X/2016 mengenai ketentuan novasi subjektif berdasarkan prinsip syariah. Dalam akta perjanjian novasi subjektif pasif harus dinyatakan secara tegas mengenai pembebasan madin lama dari utangnya. Mekanisme novasi subjektif pasif (penggantian madin) dapat dilakukan dengan menggunakan akad hawalah al-dain dan Novasi subjektif aktif adalah novasi terkait penggantian dain berlaku ketentuan hawalah al-haq. Dalam akta perjanjian novasi subjektif aktif harus dinyatakan secara tegas mengenai pembebasan dain lama dari piutangnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa yang melatarbelakangi lahirnya fatwa DSN MUI Nomor: 103/DSN-MUI/X/2016 tentang novasi subjektif berdasarkan prinsip syariah dan bagaimana implementasi fatwa DSN MUI Nomor: 103/DSN-MUI/X/2016 tentang novasi subjektif berdasarkan prinsip syariah pada BPRS Kota Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi fatwa DSN MUI Nomor: 103/DSN-MUI/X/2016 tentang novasi subjektif berdasarkan prinsip syariah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Kota Bandar Lampung Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang sifatnya deskriptif analisis dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sumber data yang digunakan dengan menggunakan data primer, yaitu data yang didapat langsung dari responden mengenai penerapan Novasi subjektif berdasarkan Prinsip Syariah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bandar Lampung. Dan data sekunder yaitu data yang didapat dari buku buku dan dokumen-dokumen. Berdasarkan hasil dari penelitian jika dilihat dari Fatwa DSN-MUI No. 103/DSN-MUI/X/2016 tentang Novasi Subjektif Berdasarkan Prinsip Syariah bahwa semua lembaga keuangan yang berbasis syariah harus memenuhi ketentuan yang tertuang dalam fatwa. pada BPRS Bandar Lampung dapat disimpulkan bahwa penerapan novasi subjektif Berdasarkn Prinsip Syariah sesuai dengan ketentuan Plaksanaan novasi subjektif dalam Fatwa DSN MUI No.103/DSNMUI/X/2016, dan dalam penerapannya juga sudah sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan perusahaan dan sudah terimplementasi dan mengikat kedua belah pihak karena ada perjanjian dibawah tangan dan akta perjanjian. Kata Kunci : Novasi, Prinsip Syariah, Fatwa MUI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:00
Last Modified: 06 Jun 2022 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item View Item