PERNGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL DAN PEMBIAYAAN JUAL BELI TERHADAP PROFITABILITAS RETURN ON ASET (ROA) DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

MELINA, INDAH RISTANTI (2022) PERNGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL DAN PEMBIAYAAN JUAL BELI TERHADAP PROFITABILITAS RETURN ON ASET (ROA) DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  MELINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah memiliki pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat terutama dalam hal produk pembiayaan. Semakin banyak pembiayaan maka semakin besar perolehan laba. Profitabilitas merupakan rasio yang serig digunakan untuk mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan laba. Indikator yang sering digunakan dalam mengukur kinerja profitabilitas adalah Return On Asset (ROA). Bank syariah mendapatkan pendapatan dari prinsip jual beli yang ditentukan berdasarkan akad bank dengan nasabah, sedangkan pendapatan dari prinsip bagi hasil ditentukan berdasarkan kesepakatan besarnya nisbah, keuntungan bank tergantung dari besar perolehan keuntungan nasabah. Setiap dana yang diberikan bank kepada nasabah selalu memiliki resiko. Non Performing Financing digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengelola pembiayaan bermasalah dari ketidakpastian nasabah dalam melakukan pengembalian dana yang diberikan. Ketika terjadi pembiayaan yang bermasalah maka akan menurunkan laba pada bank syariah. Semakin tinggi Non Performing Financing (NPF) maka keuntungan bank akan menurun. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan sumber data yaitu data sekunder. Populasi penelitiannya adalah 15 Bank Umum Syariah di Indonesia dengan sampel yang diambil sesui syarat yaitu 10 Bank Umum Syariah di Indonesia. Metode analisis menggunkan regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi. Uji hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan salah satu teknik non- probability sampling, yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset. Secara simultan pembiayaan bagi hasil dan jual beli berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset. Non Performing Financing mampu memoderasi pengaruh pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli terhadap Return On Asset. Dalam perspesktif ekonomi syariah pembiayaan bagi hasil yaitu mudharabah dan musyarakah, sedangkan pembiayaan jual beli yaitu murabahah, istishna’ dan salam. Kata Kunci : Pembiayaan Bagi Hasil, Jual Beli, Profitabilitas ROA, NPF, Bank Syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:35
Last Modified: 06 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item