OPTIMALISASI KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENJALANKAN FUNGSINYA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur)

MEILANIA, PUTRI (2022) OPTIMALISASI KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENJALANKAN FUNGSINYA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Permusyawaratan Desa merupakan salah satu unsur penyelenggara pemerintahan Desa. Dibentuknya BPD di Desa diharapkan akan mampu menciptakan iklim demokrasi dimana masyarakat tiap-tiap dusun memiliki wakil ditingkat Desa yang terhimpun dalam BPD. Dengan adanya BPD diharapkan dapat menjadi faktor pendorong lahirnya demokrasi Desa dan tentunya juga diharapkan terjadi komunikasi, mencegah terjadinya kesenjangan antara perangkat Desa dengan masyrakatnya. Namun apabila BPD tidak menjalankan fungsinya dengan baik, maka pemerintahan Desa tidak akan berjalan dengan baik karena tidak ada yang mengawasi kinerja Kepala Desa dengan baik dalam pengambilan keputusan penyelengg araan pemerintahan serta perumusan peraturan Desa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi fungsi dan hak Badan Permusyawaratan Desa di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, 2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap optimalisasi fungsi dan hak Badan Permusyawaratan Desa di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan fungsi dan hak Badan Permusyawaratan Desa terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, 2) Untuk mengetahui pandangan Fiqh Siyasah terhadap pengoptimalisasi fungsi dan hak Badan Permusyawaratan Desa di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan suatu metode deskriptif kualitatif yaitu peneliti terjun kelapangan, mempelajari, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan dari proses tersebut. Analisis data yang diperoleh dengan cara analisis kualitatif yaitu dengan menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Badan Permusyawaratan Desa di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, BPD telah optimal menjalankan hak dan fungsi BPD di Desa Banjarrejo seperti pemanfaatan Balai Desa untuk menjalankan tugas sebagaimana mestinya dengan memfasilitasi Balai desa seperti computer dan kursi untuk mengadakan agenda rapat dengan Kepala Desa maupun masyarakat, melaksanakan sosialisasi yang dihadiri oleh iii perwakilan masyarakat dan tokoh masyarakat setempat sebagai pengenalan BPD,serta memberikan pengetahuan terkait fungsi dan hak BPD. Optimalisasi kinerja BPD Desa Banjarrejo telah sesuai dengan prinsip al- amanah, al-asyura, dan as-salam. BPD dalam menjalankan fungsinya telah melakukan ijtihad untuk mencari solusi atas keterbatasan dan kendala yang mereka alami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:46
Last Modified: 03 Jun 2022 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item