ELAKSANAAN UNDANG – UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 TENTANG USIA PERKAWINAN (Studi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemiling)

MOHAMMAD, ANDRIAN (2022) ELAKSANAAN UNDANG – UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 TENTANG USIA PERKAWINAN (Studi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemiling). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan merupakan masalah yang esensial bagi kehidupan manusia, karena di samping sebagai sarana untuk membentuk keluarga, perkawinan juga merupakan kodrati manusia untuk memenuhi kebutuhan seksualnya, perkawinan tidak hanya mengandung unsur hubungan dengan manusia yaitu sebagai hubungan keperdataan tetapi di sisi lain perkawinan juga memuat unsur sakralitas yaitu hubungan manusia dengan Tuhannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dalam skripsi ini penulis membahas tentang “Pelaksanaan Undang-Undang No. 16 Tahun 2019 Tentang Usia Perkawinan (Studi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemiling). Sehubungan telah ditetapkannya Undang-undang No.16 Tahun 2019 tentang usia perkawinan, maka dalam penelitian ini, penulis merumuskan beberapa rumusan masalah, diantaranya yaitu: 1) Bagaimana Pelaksanaan Undang-undang No.16 Tahun 2019 tentang usia perkawinan di KUA Kecamatan Kemiling? 2) Bagaimana perspektif Hukum Islam terhadap Undang-undang No. 16 Tahun 2019 tentang usia perkawinan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Undang-undang No.16 Tahun 2019 tentang usia perkawinan Perspektif Hukum Islam. Penelitian ini merupakan hasil Penelitian Lapangan (Field Research). data atau informasi bersumber dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemiling. Sumber data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis untuk menggambarkan secara jelas permasalahan tentang Pelaksanaan Undang-Undang No.16 Tahun 2019 Tentang Usia Perkawinan (Studi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemiling). Dengan menggunakan pola pikir deduktif dan induktif, yaitu menarik kesimpulan dari pengetahuan yang bersifat umum kemudian berfikir dengan mengalisis data-data secara konkrit. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Undang-undang No.16 Tahun 2019 tentang usia perkawinan sudah efektif artinya penerapan di masyarakat sudah baik. Dikatakan terlaksana dengan baik karena sudah tidak ada lagi penyimpangan terhadap UU No.16 Tahun 2019, khususnya di KUA Kecamatan Kemiling sudah tidak terjadi lagi pernikahan pada usia di bawah umur. Sedangkan dilihat dari Perspektif Hukum Islam bahwasanya iii perubahan usia calon mempelai perempuan menjadi 19 tahun sama dengan usia laki-laki merupakan tindakan yang dianggap mampu memberikan manfaat dan baik untuk kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:31
Last Modified: 03 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19379

Actions (login required)

View Item View Item