STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN JAGABAYA II KOTA BANDAR LAMPUNG

MEILIA, DIANA WATI (2022) STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN JAGABAYA II KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MEILIA DIANA WATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Jagabaya II Kota Bandar Lampung adalah sebuah upaya untuk membangun kemampuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masayarakat dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam, sumber daya teknologi dan sumber daya manusia yang dimiliki pada masa pandemi covid-19. sehingga masyarakat Kelurahan Jagabaya II bisa mejalankan strategi pemasaran untuk survive (bertahan hidup) dan sustainable (berkelanjutan) di masa pandemi serta meningkatkan omset usaha menjadi tindakan yang nyata agar mereka mandiri dan berdaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah field reseach (Lapangan). Jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dalam kancah yang sebenarnya Maksudnya adalah penelitian yang dilakukan dengan cara pengambilan data-data di lapangan. Penelitian bersifat kualitatif, yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif adalah yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi (perhitungkan) lainnya. Hasil penelitian dalam skripsi ini dapat kita ketahui bahwa di Kelurahan Jagabaya II merupakan salah satu kota yang berada di Kota Bandar Lampung yang memiliki potensi perdagangan yang sangat besar. Secara geografis lahan usaha mikro kecil dan menengah di Kelurahan Jagabaya II terbilang sangat baik, sehingga sangat cocok untuk kegiatan dalam perdagangan. Penelitian ini mengambil strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah berupa pengetahuan media sosial, masyarakat melakukan strategi-strategi berupa desain atau pola yang dilakukan agar mencapai omset tersebut guna mengembangkan pengetahuan media sosial yang dimana berguna untuk mengembangkan kehidupan masyarakat dan mampu mandiri menghadapi perekonomian di masa pandemi ini. Dalam melaksanakan rangkaian strategi, perekonomian UMKM sudah cukup membaik, dimana mereka melakukan rangkain proses strategi yang sesuai seperti ; Perencanaan Pemasaran, Implementasi Pemasaran dan Evaluasi Pemasaran. Kata Kunci : UMKM, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:59
Last Modified: 03 Jun 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19371

Actions (login required)

View Item View Item