ANALISIS INOVASI PENJUALAN USAHA RUMAH MAKAN DALAM PEMANFAATAN GO-FOOD PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Rumah Makan Ayam Geprek King Di Kecamatan Sukarame)

CAHYATI, NENGSIH (2022) ANALISIS INOVASI PENJUALAN USAHA RUMAH MAKAN DALAM PEMANFAATAN GO-FOOD PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Rumah Makan Ayam Geprek King Di Kecamatan Sukarame). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI KECIL CAHYATI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya suatu kawasan atau wilayah, membuat usaha dalam bidang industri berkembang dengan pesat. Sehingga usaha kuliner yang sejenis akan banyak yang bermunculan, dan mengakibatkan komersial berkembang semakin kompetitif. Dalam persaingan yang semakin tinggi, maka para pelaku usaha harus memiliki kekuatan yang cukup kuat untuk dapat terus mengatasi ancaman dalam persaingan, khususnya dalam usaha yang sejenis. Setiap usaha harus dapat memanfaatkan peluang atau harus memiliki strategi peluang untuk mendapatan kekuatan dalam keunggulan kompetitif. Inovasi penjualan sendiri merupakan metode dalam penjualan yang baru atau peningkatan yang signifikan dalam promosi di berbagai media, memberikan potongan harga atau diskon, pemberian label pada produk yang menarik, dan memberikan fitru�fitur dalam fasilitas yang menarik dan bervariasi. Pada tahun 2017 terdapat fenomena tentang perkembangan transportasi online oleh perusahaan Gojek yang melonjak dengan cepat setelah di luncurkan pada tahun 2015 di Indonesia.sehingga maraknya transaksi online seperti e-commerce. Dan dengan adanya fenomena tersebut maka industri kuliner mendapatkan keuntungan dalam hal pelayanan, karena perusahaan Gojek memperkenalkan Inovasi terbarunya yaitu Go�Food. Berkat adanya Go-Food, para pelaku usaha kuliner mendapatkan keuntungan dalam jasa layanan pesan antar makanan. Go-Food merupakan solusi bagi konsumen yang sedang dalam kesibukan sehingga dapat memesan makanan/minuman melalui layanan Go-Food, dan keuntungan bagi para pelaku usaha yaitu dapat melakukan jual/beli tanpa harus adanya dapur. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang di peroleh dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dengan pelaku usaha Rumah Makan Ayam Geprek King di kecamatan sukarame dan observasi atau pengamatan. Adapun untuk menganalisis data dalam analisis data kualitatif di lakukan dengan menggunakan analisis SWOT sehingga dapat menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil yang di dapat dari wawancara dan observasi mengenai Inovasi Penjualan Usaha Rumah Makan dalam Pemanfaatan Aplikasi Go-Food kepada Owner Usaha Rumah Makan Ayam Geprek King di Kecamatan Sukarame, dapat di simpulkan bahwasannya memiliki dalam melakukan usaha kita harus paham akan hal yang sedang berkembang atau keinginan konsumen, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Go-Food sangatlah bermanfaat dalam menjalankan usaha ataupun sedang merintis, karena dengan adanya Go-Food kita tidak perlu lagi mempromosikan usaha, dan dengan Go�Food dapat menjangkau konsumen dengan luas. Kata Kunci : Inovasi Penjualan, Aplikasi Go-Food

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:28
Last Modified: 03 Jun 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19365

Actions (login required)

View Item View Item