PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD/MI

DWI, AGUSTIN (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI AGUSTIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pelajaran dan meningkatkan produktifitas belajar yang efektif di era digital yang mengembangkan bahan ajar berupa E-modul menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode angket. Pada tahap validasi melibatkan 4 subjek validator yang terbagi atas validator ahli materi dan Bahasa, validtaor ahli IT dan validator ahli media. Penilaian kelayakan desain mengunakan lembar validasi tahap uji coba melibatkan 15 peserta didik uji coba sekala kecil, 30 peserta didik pada uji coba sekala besar yang dinilai oleh 2 orang guru pendidik dilibatkan untuk melihat keefektifan E-modul. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan E-modul oleh validator ahli materi dan bahasa mendapatkan prsentase 85,7% dengan kriteri “sangat layak”, dari validator ahli IT mendapatkan presentase 96,9% dengan kriteria “sangat layak. kemudian dari respon peserta didik skala kecil mendapatkan 98,9% dengan kriteria “sangat menarik” pada skala besar mendapatkan 96,5% dengan ktiteria “sangat menarik” dan respon pendidik mendapatkan 85,3% dengan kriteria “sangat menarik” dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-Modul, Kvisoft Flipbook Maker, IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:58
Last Modified: 03 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19363

Actions (login required)

View Item View Item