PENGARUH PEMBERIAN SUARA MUSIK (KLASIK, HARDCORE, DAN MUROTTAL) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir)

ARIFIN, CHOLIK (2022) PENGARUH PEMBERIAN SUARA MUSIK (KLASIK, HARDCORE, DAN MUROTTAL) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIFIN CHOLIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kangkung darat (Ipomoea reptans Poir) dapat dibudidayakan secara organik maupun non organik pada media tumbuh tanaman. Perlu adanya sebuah teknologi untuk menunjang produksi tanaman kangkung. Sonic bloom merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan gelombang suara untuk memacu pertumbuhan tanaman, dengan menggunakan suara jenis genre musik berbeda beda yang bertujuan untuk mengetahui genre musik paling baik dalam pertumbuhan vegetatif tanaman. Metode penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan suara musik M0 (kontrol), M1 (Klasik), M2 (murottal), dan M3 (hardcore) dengan 3 kali pengulangan. Penelitian dilakukan selama 30 hari. Parameter pengukuran dilakukan selama 7 hari sekali pada pengukuran tinggi tanaman, jumlah daun, dan pengukuran lebar daun, panjang tanaman, berat basah, dan bukaan stomata pada minggu ke 4. Analisis data menggunakan One Way Anova SPSS 20, lalu diuji lanjut dengan Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian musik berpengaruh nyata terhadap tumbuhan kangkung darat (Ipomoea reptans Poir). Perlakuan suara musik yang baik terhadap tanaman kangkung darat (Ipomoea reptans Poir) yaitu suara musik hardcore. Kata kunci: Hardcore, Klasik, Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir), Murottal, Pertumbuhan Vegetatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:43
Last Modified: 03 Jun 2022 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item