PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGKAN POTENSI PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran)

MIRZA, IHLAN (2022) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGKAN POTENSI PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MIRZA (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIRZA FULL.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGKAN POTENSI PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran) Pariwisata secara bahasa yaitu pergi meninggalkan rumah untuk berkeliling secara terus menerus dan tidak bermaksud untuk menetap ditujuan yang ingin dituju. Kesejahteraan masyarakat adalah suatu kondisi yang memperlihatkan tentang keadaan kehidupan masyarakat yang dapat dilihat dari standar kehidupan masyarakat tersebut. Terdapat beberapa sektor yang bisa menjadi penyumbang pendapatan masyarakat dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyakat. Salah satunya adalah Sektor Pariwisata. Di Kabupaten Pesawaran memiliki beberapa objek wisata yang perlu untuk terus dikembangkan dan dikelola dengan maksimal dikarenakan masih banyak objek wisata yang masih belum ada pengembangan serta pengelolaan dari Pemerintah Daerah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran dalam meningkatkan kesejahteraan masyakat Perspektif Ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dan wawancara peneliti lakukan pada Kabid Humas Dinas Pariwiasata, Kebid Pemasaran Dinas Pariwisata dan masyarakat yang berada disekitar pariwisata guna memperoleh data penelitian. Pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan yang terakhir adalah analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Upaya pengembangan pariwisata yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran dapat dikatakan belum semua terlaksana dengan maksimal karena baik segi sarana dan prasarana, maupun objek wisatanya masih banyak yang belum terbangun serta ada beberapa objek wisata yang dimiliki oleh masyarakat dan objek wisata yang tidak ditarik redtribusinya. Namun pendapatan masyarat Kabupaten Pesawaran tetap dihasilkan dari sektor pariwisata yaitu dari kontribusi pajak berupa pajak hotel dan pajak restoran/rumah makan. Hotel dan restoran/rumah makan termaksuk dalam jasa indutri pariwisata yang merupakan salah satu fokus pengembangan yang sedang terus ingin dikembangkan oleh pihak dinas pariwisata kabupaten pesawaran. Pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, masih banyak beberapa objek wisata yang pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran telah memenuhi prinsip-prinsip pariwisata syariah dimana di dalam wisata yang ada di pesawaran sudah banyak masjid yang ada untuk beribadah para pengunjung yang datang di wisata pesawaran dan makanan yang disediakan pun adalah makanan yang halal. Kata Kunci: Ekonomi Islam, Pariwisata, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:15
Last Modified: 02 Jun 2022 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19358

Actions (login required)

View Item View Item