ANALISIS TINGKAT RISIKO DAN KEUNTUNGAN INVESTASI TERHADAP HARGA WAJAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PERIODE 2015-2019

MUHAMAD, ZAKI (2022) ANALISIS TINGKAT RISIKO DAN KEUNTUNGAN INVESTASI TERHADAP HARGA WAJAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PERIODE 2015-2019. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M ZAKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS TINGKAT RISIKO DAN KEUNTUNGAN INVESTASI TERHADAP HARGA WAJAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII PERIODE 2015-2019 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ekonomi dan teknologi komunikasi yang sangat pesat memberikan begitu banyak kemudahan dalam dunia bisnis. hal ini terlihat dengan banyaknya para investor yang ingin berinvestasi saham dengan keuntungan yang optimal. Penilaian saham dapat dilakukan dengan cara menganalisis saham melalui laporan keuangan dan kondisi perusahan,baik secara internal mapun secara eksternal. Analisa saham dalam penelitian ini lebih mengacu pada pada penilaian internal perusahaan yang sering disebut dengan analisis fundamental internal. Hal tersebut juga sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kinerja keuangan perusahaan dan mengetahui kewajaran harga saham. Untuk mengetahui kewajaran harga saham dapat dilakukan melalui analisis fundamental dengan pendekatan Npm, Roe, Eps dan Per. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan memilih sampel penelitian pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2015 sampai dengan 2019 dengan metode purposive sampling. Dari populasi 30 perusahaan diambil sampel sejumlah 19 perusahaan dihitung dari jumlah perusahaan yang terdaftar di Jakarta islamic indeks (JII) 5 tahun terakhir yaitu dimulai dari tahun 2015 sampai tahun 2019. metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa Secara simultan (bersama-sama) variabel Net Profit Margin, Return On Assets, Earning Per Share Dan Price Earning Ratio berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan yang tidak delisting di jakarta islamic indeks mulai tahun dari 2015-2019, dengan koefisien determinasi sebesar 0,25 atau sebesar 25% sedangkan sisanya sebesar 75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel Net Profit Margin tidak berpengaruh positif terhadap harga saham, variabel Return On Assets tidak berpengaruh positif terhadap harga saham, variabel Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan karena koefisien nilainya positif dan nilai sig kurang dari 5% sedangkan variabel Price Earning Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan hal ini dikarenakan nilai koefisien negatif dan nilai sig PER kurang dari 5%. Kata Kunci : Tingkat Risiko, Keuntungan, Investasi, Laporan Keuangan dan Harga Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2022 06:43
Last Modified: 02 Jun 2022 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

View Item View Item