ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PENGEMBANG PERUMAHAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT. Jatiwangi Property Group , Bandar Lampung)

INDRO, WAHYUDI (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PENGEMBANG PERUMAHAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT. Jatiwangi Property Group , Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dan 5 skripsi indro wahyudii.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL skripsi indro wahyudii.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan pokok manusia terdiri atas tiga hal sandang, pangan, dan papan untuk itu setiap orang akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan pokok ini. Kebutuhan rumah di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah. Berdasarkan data dari Real Estate Indonesia (REI), total kebutuhan rumah pertahun di Indonesia mencapai 2,6 juta yang didorong oleh pertumbuhan penduduk. Berdasarkan jumlah penduduk tahun 2020 kurang lebih 270,20 juta jiwa dengan angka pertumbuhan penduduk 1,25% pertahun dapat dipastikan kebutuhan terhadap perumahan akan meningkat. Perkembangan Bisnis perumahan yang terus menerus meningkat karena tingginya permintaan perumahan dan perkembangan teknologi yang semakin cepat, mengharuskan para pelaku bisnis untuk terus menerus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya yaitu untuk mempertahankan posisi persaingan yang lebih unggul dari perusahaan pesaingnya. Dalam meningkatkan daya saing, setiap perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi pasar. Pengetahuan tentang strategi pemasaran yang baik dalam upaya pelaksanaan kegiatan pemasaran secara instensif menjadi faktor penting yang harus diketahui perusahaan dalam usaha meningkatkan penjualannya guna mempertahankan bisnisnya begitupun dengan PT.Jatiwangi Properti. PT. Jatiwangi property merupakan salah saatu pengembang perumahan di bandar lampung baik itu perumahan subsidi maupun perumahan komersial. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, yaitu: Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh PT.Jatiwangi property grub dalam menghadapi persainggan? Bagaimana strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pengembang perusahaan oleh PT. Jatiwangi property grub dalam perspektif ekonomi islam?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistematis data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisa data yang bersifat deskriptif-kualitatif, yaitu mendeskripsi-kan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian. Hasil Adapun hasil penelitan ini adalah strategi pemasaran yang digunakan PT.Jatiwangi property grub yaitu marketing mix yaitu, strategi produk, strategi harga, strategi lokasi dan strategi promosi. Dalam menghadapi pesain strategi yang digunakan PT Jatiwangi property yatu strategi BMW (Biaya murah dengan Mutu y bagus dan disainya menarik dan modern dengan Waktu pengerjaan yang fleksibel dan cepat). Menurut Persfektif Ekonomi Islam implementasi strategi pemasaran dan dalam persaingan PT Dalam menghadapi pesain strategi yang digunakan. Jatiwangi property sudah sesuai dengan pemasaran Islam yaitu dari segi produk selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk. menetapakan harga sesuai dengan kualitas produk. tempat/saluran distribusi yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau, dan promosi selalu bersikap jujur. Kata kunci: Strategi pemasaran, Persaingan, perumahan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 04:36
Last Modified: 31 May 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19321

Actions (login required)

View Item View Item