ANALISIS PERBANDINGAN RETURN DAN RISK SAHAM SYARIAH DENGAN SAHAM KONVENSIONAL DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Jakarta Islamic Indeks (JII) dan LQ45 Periode 2018-2020)

DARMA, SUBING SANJAYA (2022) ANALISIS PERBANDINGAN RETURN DAN RISK SAHAM SYARIAH DENGAN SAHAM KONVENSIONAL DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Jakarta Islamic Indeks (JII) dan LQ45 Periode 2018-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan dimasa datang. Istilah investasi bisa berkaitan dengan berbagai macam aktivitas. Mengivestasikan sejumlah dana pada asset riil (tanah,emas,mesin atau bangunan) maupun aset financial (deposito, saham, reksadana, sukuk ataupun obligasi). Banyak sekali alternatif pilihan berinvestasi. Mulai dari investasi asset riil hingga sekuritas, mulai dari yang berjenis konvensional hingga berjenis syariah. Namun yang menjadi pilihan utama seseorang dalam berinvestasi adalah bagaimana return yang ditawarkan hingga seberapa risk yang mungkin terjadi. Dan saham-saham dalam LQ45 merupakan kumpulan saham yang liquid yang ada di BEI dan JII juga merupakan kumpulan saham yang mempunyai kinerja bagus dalam kategori syariah. Risk dan return antara saham syariah dan konvensional merupakan sesuatu yang perlu untuk diketahui terutama bagi investor muslim. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu website bursa efek Indonesia www.idx.co.id sebagai penyedia data sekunder berupa nama-nama emiten yang masuk dalam indeks Jakarta Islamic Index (JII) dan LQ45 Serta data closing price saham tahunan periode 2018 s.d 2020. Dengan membandingkan return dan risk pada saham syariah dan non syariah. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif uji asumsi dasar dan uji beda Idependent simple T-Test. Kemudian bagaimana perbandingannya risk dan return antara saham syariah dengan saham konvensional. Hal tersebut dapat dianalisis secara sederhana melalui return tahunan saham tersebut dan deviasi standar sebagai risiko dengan mengunakan uji T Test Independent. Kemudian didapatkan 15 sampel dari saham syariah dan 15 sampel dari saham konvensional dan diambil data tahunan harga saham selama periode 2018 hingga 2020. Hasil analisis didapatkan bahwa Return return saham yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018-2020 senilai -8,66% dan saham yang terdaftar pada LQ45 Tahun 2018-2020 senilai 0,11%. Sedangkan hasil dari analisis yang didapatkan bahwa Risk saham menyatakan nilai risk saham yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018-2020 senilai 5,34% dan risk saham yang terdaftar pada LQ45 Tahun 2018- 2020 senilai 4,62%. Berdasarkan hasil uji beda dengan menggunakan Idependent simple T-Test didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara return dan risk saham syariah yang ada pada Jakarta Islamic Index (JII) dengan saham non syariah yang ada pada LQ45. Kata Kunci : Risk, Return, Saham Syariah, Saham Konvensional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 04:05
Last Modified: 31 May 2022 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19319

Actions (login required)

View Item View Item