TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SKETSA DAN KARIKATUR WAJAH DI TOKO LUKISAN (Studi kasus di Toko Lukisan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah)

RANI, HANDAYA PUTRI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SKETSA DAN KARIKATUR WAJAH DI TOKO LUKISAN (Studi kasus di Toko Lukisan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jual Beli adalah tukar menukar barang dengan barang atau menukar barang dengan uang, dengan jalan melepaskan hak kepemilikan dari yang satu kepada yang lain atas dasar saling merelakan menurut cara yang ditentukan syari’at. Jual beli dapat dikatakan sah apabila kedua belah pihak telah memenuhi rukun dan syarat dalam jual beli tersebut. Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana sistem jual beli sketsa dan karikatur di Toko Lukisan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah, (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap jual beli sketsa dan karikatur wajah di Toko Lukisan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem jual beli sketsa dan karikatur wajah di Toko Lukisan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, metode penelitian yang digunakan dalam jenis penelitian ini lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan berfikir secara deskriptif kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta, dan data tentang jual beli sketsa dan karikatur wajah di Toko Lukisan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer yang diambil dari lokasi penelitian dan sumber data sekunder dengan populasi dan sampel berjumlah 11 orang. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif dengan pendekatan berfikir menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) sistem jual beli sketsa dan karikatur wajah di Toko Lukisan bangun rejo kabupaten lampung tengah dilakukan dengan dua cara yaitu : a. Sistem panjar dan b. Sistem langsung lunas. Tetapi dalam transaksinya tidak dilakukan dengan transparan, pelukis menjual sketsa dan karikatur wajah secara tidak jujur yaitu ketidakmiripan pada hasil gambar dan dalam segi waktu pengerjannyapun mengalami penundaan dan dalam segi hasil tidak sesuai gambar yang dijanjikan diawal. pembeli harus menambah setengah harga dari harga awal jika lukisan ingin dibuat ulang. (2) Tinjauan Hukum Islam terhadap jual beli sketsa dan karikatur wajah di Toko Lukisan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah masih termasuk jual beli yang tidak menerapkan aspek khiyar karena ada kecacatan pada saat barang yang dipesan tersebut telah jadi. Dalam hukum Islam, hukumnya adalah tidak syah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 03:27
Last Modified: 31 May 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item View Item