AYSAH, MUSTIKA (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED DALAM MENGELOLA EMOSI MARAH PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami permasalahan kesulitan dalam mengelola emosi marah pada peserta didik kelas X IPS SMA NEGERI 1 SUMBERJAYA. Pemasalahan adalah Bagaimana pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan client centered dalam mengelola emosi marah peserta didik di SMA NEGERI 1 SUMBERJAYA? Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan layanan konseling individu dalam mengelola emosi marah dengan menggunakan pendekan client catered pada peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 1 orang peserta didik kelas X IPS yang memiliki masalah mudahnya terpancing emosi, mudah marah , susah dalam mengendalikan sikap marahnya , melampiaskan emosi pada orang sekitarnya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriftif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data atau menggambarkan yang telah terkumpul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan observasi , wawancara, instrument audio, documentasi keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Adapun teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu : Data Rduction (reduksi data ) Data Display (penyajian Data ) dan Conclusion Drawing(menarik kesimpulan). Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan client centered yang diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling sangat berpengaruh dan mengurangi permasalahan dalam mengelola emosi marah pada peserta didik kelas X IPS SMA NEGERI 1 SUMBERJAYA. Dengan dilakukan tahapan yakni: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap penutupan. Dengan demikian penerapan konseling individu dengan pendekatan client centered dalam mengelola emosi marah peserta didik kelas X IPS SMA NEGERI 1 SUMBERJAYA. Memiliki tujuan yang jelas dalam melaksanakan layanan yaitu membantu peserta didik untuk mengelola emosi marah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 May 2022 03:19 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:19 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19311 |
Actions (login required)
View Item |