ANALISIS PENGELOLAAN PROGRAM PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pekon Sukaharjo 1 Kecamatan Sukaharjo Kabupaten Pringsewu)

RIFKI, BAHRI SOFYAN (2022) ANALISIS PENGELOLAAN PROGRAM PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pekon Sukaharjo 1 Kecamatan Sukaharjo Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS RIFKI BAHRI SOFYAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIFKI BAHRI SOFYAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pekon Sukaharjo 1 merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Sukaharjo Kabupaten Pringsewu yang masyarakatnya mempunyai mata pencaharian yang berbeda beda, antara lain bekerja sebagai petani, peternak, buruh dan lain sebagainya. Kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan yang diharapkan setiap daerah dan berbagai usaha dirancang dan dilaksanakan oleh pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan daerah dan diharapkan akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakatnya. Program Permodalan Nasional Madani merupakan program penanggulangan kemiskinan yang bertujuan untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat. Rumusan permasalahan yang diambil pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen pengelolaan program PNM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat? 2) Bagaimana pelaksanaan program PNM dalam perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan, penelitian ini termasuk jenis penelitian kalitatis yang bersifat deskriptif. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi dan data sekunder diperoleh dari literatur yang terkait dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang ikut dalam program Permodalan Nasional Madani yaitu berjumlah 15 orang, dan dengan demikian yang menjadi sampel adalah 15 orang yang mengikuti program tersebut. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1.) Program PNM yang ada di Pekon Sukaharjo 1 dapat membantu dalam mengembangkan usaha dengan memberikan modal dan pendampingan usaha melalui pembentukan kelompok. 2) Menurut perspektif ekonomi Islam pelaksanaan program permodalan nasional madani dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sudah sesuai dengan syariat Islam karena menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu adanya keadilan, kejujuran, kebaikan, keseimbangan dan bertanggung jawab. Program PNM merupakan program yang bermanfaat untuk masyarakat dalam kemaslahatan umat. Kata kunci : Permodalan Nasional Madani, Kesejahteraan Masyarakat, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 03:16
Last Modified: 31 May 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19310

Actions (login required)

View Item View Item