TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMBAGIAN WARIS YANG DIHALANGI OLEH SALAH SEORANG AHLI WARIS (Studi Kasus di Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat Kota Metro)

AN’NISSA, RUSPITA (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMBAGIAN WARIS YANG DIHALANGI OLEH SALAH SEORANG AHLI WARIS (Studi Kasus di Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat Kota Metro). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1- bab 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Tinjauan Yuridis Terhadap Pembagian Waris Yang DIhalangi Oleh Salah Seorang Ahli Waris (Studi Di Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat Kota Metro)”. Penelitian atau penulisan ini mengkaji tentang fenomena yang terjadi di masyarakat, dimana banyak yang ditemukan dalam pembagian harta warisan yang terhalang, seolah-olah hal ini tidak menjadi suatu kekhawatiran di tengah masyarakat yang mayoritas bergama Islam, padahal ini sangat dilarang dalam hukum kewarisan Islam. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang melatar-belakangi pelaksanaan pembagian harta waris yang dihalangi, dan bagaimana tinjauan yuridis tentang pembagian harta waris menurut hukum kewarisan Islam pada masyarakat Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat Kota Metro. Adapun bentuk penelitian ini dilakukan dengan pendekatan secara kualitatif artinya data-data yang sudah terkumpul diklasifikasikan kedalam kategori-kategori berdasarkan persamaan jenis data yang kemudian data tersebut diuraikan, lalu dibandingkan antara satu sama lainnya sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti ini. Sedangkan yang menjadi populasi adalah seluruh ahli waris/ keluarga di Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat yang dihalangi dalam pembagian harta warisan tahun 2020, namun karena tidak diketahui jumlah populasinya secara pasti, maka peneliti mengambil sample sebanyak 8 keluarga dengan teknik Purposive Sampling. Kemudian untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis berkesimpulan bahwa faktor pelaksanaan pembagian harta warisan yang terhalang disebabkan faktor ekonomi, faktor adat istiadat, pendidikan dan kurangnya mendapat bimbingan tentang hukum kewarisan Islam yang menimbulkan akibat antara lain terjadinya pemukulan, putusnya silaturrahmi, serta kurangnya kehormonisan di dalam keluarga. Oleh ii karena itu, dengan melihat akibat yang ditimbulkan, maka pembagian harta warisan yang terhalangi didasrkan atas tidak disegerakannya pembagian harta waris. Hal ini berarti bahwa pembagian harta warisan itu harus segera dilaksanakan dan tidak boleh dihalangi berdasarkan pengertian dari ijbari terhadap bagian atau jumlah yang diberikan kepada ahli waris, sehingga berdosa bila pembagian harta warisan itu dihalangi sementara para ahli waris mempergunakan harta warisan tersebut kecuali ada beberapa kemaslahatan yang memang harus dipertimbangkan itu. Akan tetapi bila kemaslahatan itu hanya menghalangi sebagian tidak keseluruhan, maka pembagian harus dilaksanakan kepada orang yang sudah bisa untuk dibagikan tanpa menunda kepada sebagian ahli waris yang lain.. Kata kunci : Ahli waris, Hukum islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 03:22
Last Modified: 31 May 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19309

Actions (login required)

View Item View Item