“PERAN PENDAMPING DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PEKON PULAU PANGGUNG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS”

NIKI, ABDUL MUAS (2022) “PERAN PENDAMPING DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PEKON PULAU PANGGUNG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS”. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NIKI ABDUL MUAS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk membangun dan memberdayakan masyarakat desa agar menjadi desa yang mandiri. Dengan tingkat pemberdayaan yang tinggi, masyarakat desa akan mampu menyelesaikan permasalahan dan urusan pemerintahannya sendiri. Dengan keikutsertaan masyarakat dalam perencanaan pelaksanaan dan pengawasan terhadap pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa diyakini mampu meningkatkan kemakmuran dan menciptakan masyarakat yang sejahtera. Maka pemerintah menugaskan pendamping desa untuk mendampingi pemerintah desa dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyrakat desa. Pemerintah menghadirkan pendamping desa yang di harapkan mampu memfasilitasi antara masyarakat dengan aparatur pemerintah desa, antar masyarakat dengan pemerintah dan pihak lain yang berkepentingan serta mendampingi masyarakat dalam pencerahan, membuka wawasan dan pemahaman, memberikan pendidikan dan keterampilan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan diri dan lingkungannya sendiri dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi peran pendamping desa sebagai fasilitator dalam pemberdayaan masyarakat di pekon pulau panggung kecamatan pulau panggung kabupaten tanggamus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari peran pendamping desa sebagai fasilitator dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sumber data terdiri dari wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendamping des dalam pemberdayaan masyarakat dipekon pulau panggung kecamatan pulau panggung kabupaten tanggamus menghasilkan beberapa perubahan. Berdasarkan temuan-temuan peneliti di lapangan menunjukkan adanya kemajuan dalam hal peningkatan kapasitas aparatur pemerintah pekon seperti kemajuan dalam hal administratif, dan pemahaman tupoksi aparatur pemerintah pekon. Setelah peneliti menganalisa semua data yang di dapat menunjukkan hasil bahwa pemberdayaan yang dilaksanakan di pekon pulau panggung sudah dilaksanakan dengan baik. Namun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan tugas pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat dimana belum adanya program-program pembinaan untuk masyarakat luas dan kurangnya sosialisasi dari pendamping desa sehingga membuat masyarakat tidak memiliki rasa tanggung jawab untuk memelihara fassilitas-fasilitas yang sudah ada. Kata Kunci : Peran, Pendamping Desa, dan Pemberdayaan masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 02:51
Last Modified: 31 May 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19304

Actions (login required)

View Item View Item